Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita materi segiempat menggunakan prosedur newman ditinjau dari gaya belajar peserta didik kelas VII di MTS Kedungombo
Main Author: | Falah, Khoirul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12392/1/skripsi_1503056006_Khoirul%20Falah.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12392/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berangkat dari pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut bertolak belakang dengan rendahnya nilai matematika peserta didik di MTs Kedungombo bilamana dihadapkan dengan soal berbentuk cerita dalam kehidupan sehari–hari. Rendahnya nilai peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Identifikasi diperlukan dalam tahap ini untuk mengatasi rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita materi segiempat berdasarkan prosedur Newman yang ditinjau dari gaya belajar peserta didik di MTs Kedungombo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket, dan wawancara. Subjek penelitian diambil 9 peserta didik dari 65 peserta didik kelas VII A dan VII E. 9 subjek tersebut terdiri dari 3 subjek kelompok gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Setiap subjek penelitian dilakukan wawancara terkait hasil pekerjaannya pada soal cerita materi bangun datar segiempat. Keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Simpulan dari penelitian ini didapatkan peserta didik sudah berusaha menerapkan prosedur Newman ketika menyelesaikan soal matematika materi bangun datar segiempat, tetapi masih melakukan kesalahan pada langkah memahami masalah dikarenakan kurang teliti. Kesalahan juga terjadi pada langkah transformasi dikarenakan belum bisa menentukan rumus, lupa rumus bangun datar segiempat, dan belum bisa menentukan operasi matematika. Kesalahan juga terjadi pada langkah keterampilan memproses dikarenakan kurang menguasai bidang aljabar. Kesalahan juga terjadi pada langkah penulisan jawaban dikarenakan kesalahan pada langkah sebelumnya atau tidak ada pekerjaan sama sekali. Beberapa solusi yang dapat mengatasi atau meminimalkan kesalahan adalah pemberian penguatan bagaimana cara menentukan rumus yang tepat, cara menentukan operasi matematika, penguatan pada bidang aljabar, dan perbaikan managemen waktu ketika menyelesaikan soal cerita matematika.