Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTS Al-Adhhar tahun ajaran 2018/2019
Main Author: | Mubarok, Ahmad Eggi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12391/1/skripsi_1403056034_Ahmad%20Eggi%20Mubarok.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12391/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTs Al-adhhar Cikeusalkidul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi bangun ruang sisi datar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTs Al-adhhar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII MTs Al-adhhar. Sampel penelitian adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji independent t-test dan uji one sample t test. Hasil penelitian ini adalah: rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation sebesar 75,97. Pada kelas control diperoleh rata-rata sebesar 70,24. Berdasarkan uji hipotesis penelitian menggunakan uji independent t-testdiperoleh