Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MA NU Nurul Huda Mangkangkulon Tugu Kota Semarang

Main Author: Sauqi, Mohammad Alif
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12347/1/SKRIPSI_1503036081_MOHAMMAD%20ALIF%20SAUQI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12347/
Daftar Isi:
  • Sebagian guru di lembaga sekolah dalam melaksanakan tugasnya dalam mengajar belum maksimal. Hal ini dipengaruhi oleh faktor-faktor dari dalam diri (internal) yaitu: kecerdasan, keterampilan, bakat, kemampuan, minat, motif, kesehatan, kepribadian, cita-cita dan tujuan bekerja dan faktor (eksternal) yaitu: lingkungan keluarga, lingkungan kerja, kepala sekolah dan sarana prasarana sekolah. Permasalahannya (1). Bagaimana kinerja guru di Mangkangkulon Tugu Kota Semarang. (2). bagaimana peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja di MA NU Nurul Huda Mangkangkulon Tugu Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian studi kualitatif lapangan. Analisis penelitian dilakukan dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan, dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru melalui perannya sebagai edukator, manajer, supervisor, administrator, leader, innovator dan motivator yang berimplikasi pada kegiatan guru dalam mengajar materi pembelajaran di kelas pada perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik dan memberikan motivasi pada peserta didik, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menjelaskan tujuan pembelajaran dan KD dan mengevaluasi hasil pembelajaran dilakukan dengan memberikan tugas dan ulangan harian. Simpulan dalam penelitian ini adalah secara umum guru mengajar peserta didik dalam pembelajaran mengacu pada standar UU No. 14 Tahun 2005 dalam pasal 35 tentang guru dan dosen. Saran dalam penelitian ini kepala sekolah lebih meningkatkan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar sehingga tercapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.