Efektivitas model pembelajaran snowball throwing berbantu media pop up book terhadap hasil belajar siswa pada materi sel kelas XI MAN 1 Grobogan
Main Author: | Farhanna, Miftah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12342/1/SKRIPSI_1503086005_MIFTAH_FARHANNA.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12342/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran merupakan suatu komponen yang penting dalam pendidikan. Salah satu masalah dalam proses pembelajaran adalah kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran yang ada sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Perlu adanya penggunaan model dan media pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran yang disesuaikan dengan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penerapan model pembelajaran snowball throwing dengan media pop up book terhadap hasil belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Grobogan. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain yang digunakan True Experimental Desaign yang berbentuk pretest-Posttest Control Group Desaigndengan teknik pengambilan sampel secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data terdapat 3 tahapan yaitu uji coba soal, analisis data prasyarat dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postest kelas eksperimen adalah 78,33 dan kelas kontrol 61, 76. Hasil uji t data nilai posttes diperoleh diperoleh ttabel = 1,6698 dan t hitung = 7,33 karena ttabel< t hitung , maka Ha diterima dan Ho ditolak dan diketahui bahwa Penerapan model pembelajaran snowball throwing berbantu media pop up book efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi sel.