Manajemen kurikulum Bahasa Jawa dalam membentuk karakter peserta didik kelas V SD Islam Al-Azhar 29 Semarang

Main Author: Hasanah, Uswatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12337/1/SKRIPSI_1503036062_Uswatun%20Hasanah.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12337/
Daftar Isi:
  • Sebagian peserta didik mempunyai karakter yang kurang baik. Dikarenakan pengaruh dari teman-teman, lingkungan, media sosial, internet dan lain-lain, tetapi masih ada batas ajaran. Permasalahannya bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum Bahasa Jawa dalam membentuk karakter peserta didik kelas V di SD Islam Al-Azhar 29 Semarang. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif lapangan, menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknis analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan dilakukan dalam rencana silabus dan RPP sesuai kondisi masyarakat. (2) Menyelenggarakan kegiatan nguri-nguri bahasa jawa setiap hari jum’at, memberikan materi ajar bahasa jawa sesuai dengan RPP. (3) Evaluasi dilakukan pengamatan perilaku peserta didik selama berada di lingkungan sekolah. Simpulan penelitian ini adalah pada tahap perencanaan guru harus matang dalam menyusun RPP, kemudian pelaksanaannya harus menekankan pada praktek daripada teori. Evaluasinya menekankan pada aspek perilaku peserta didik, karena pembelajaran Bahasa Jawa tidak hanya teori akan tetapi pembiasaan-pembiasaan yang menghasilkan perubahan peserta didik berbudaya jawa. Saran dalam penelitian ini, Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum lebih meningkatkan kedisiplinan terhadap guru untuk memaksimalkan dalam kegiatan belajar mengajar hingga tujuan pendidikan tercapai secara efektif dan efisien.