Peran kepala sekolah dalam membudayakan shalat dhuha berjamaah di MTs NU Nurul Huda Semarang
Main Author: | Latifah, Iip |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12299/1/skripsi_Iip%20Latifah_1403036097.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12299/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Peran Kepala Sekolah Dalam Membudayakan Shalat Dhuha Berjamaah di MTs NU Nurul Huda Semarang. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: Bagaimana Peran Kepala Sekolah Dalam Membudayakan Shalat Dhuha Berjamaah di MTs NU Nurul Huda Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Kepala Sekolah Dalam Membudayakan Shalat Dhuha Berjamaah di MTs NU Nurul Huda Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTs NU Nurul Huda Semarang. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data obsevasi, wawancara, serta dekomentasi. Sedangkan dalam proses analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian adalah sebagai berikut: Perencanaan peran kepala sekolah dalam membudayakan shalat dhuha berjamaah yaitu dengan upaya mengoptimalkan pelaksanaan shalat dhuha berjamaah dari pihak sekolah membuat jadwal shalat dhuha, adanya kebijakan mengenai waktu pelaksanaan dan tujuan diadakannya shalat dhuha. Pelaksanaan peran kepala sekolah dalam membudayakan shalat dhuha berjamaah yaitu dengan pembiasaan, contoh dan tauladan, pembinaan, sosialisasi dan pengawasan yang terus menerus, membina kerjasama antar sesame guru, serta membina hubungan baik dengan anak didik/siswa. Evaluasi peran kepala sekolah dalam membudayakan shalat dhuha berjamaah yaitu dengan memberikan sanksi kepada siswa yang tidak melaksanakan shalat dhuha tanpa alasan yang jelas mengingat kegiatan shalat dhuha di sekolah ini merupakan kegiatan yang rutin dan wajib ditaati oleh seluruh siswa.