Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran IPA Materi Benda dan Sifatnya dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II MI An Nur Pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas Penerapan Contekstual Teaching And Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA Materi Benda Dan Sifatnya dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II MI An Nur Pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011. Pandangan siswa terhadap pemebelajaran IPA yang sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit perlu dirubah, dengan menggunakan penerapan model pembelajaran IPA dengan pendekatan Kontekstual. Konsep pembelajaran ini mengkaitkan antara materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran IPA dengan metode Kontekstual diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA, menemukan hal-hal yang baru dan dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk melangkah ke depan yang lebih baik, Studi ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan : Bagaimanakah Penerapan Contekstual Teaching And Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA Materi Benda Dan Sifatnya pada Siswa Kelas II MI An Nur Pedurungan Semarang dan Apakah Penerapan Contekstual Teaching And Learning (CTL) Pada Pembelajaran IPA Materi Benda Dan Sifatnya dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II MI An Nur Pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2010/2011? Subjek penelitian ini adalah hasil belajar IPA Siswa kelas II MI AN NUR Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang, dengan target pada siklus I dan siklus II adalah 70. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam pra siklus, siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil observasi, tes, dan dokumentasi pada siswa Kelas II MI AN NUR Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang,. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data siklus I nilai rata-rata 70,3 dengan tuntas klasikal 66,67 %, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 77,92 dengan tuntas klasikal 91,67 %. Sehingga dapat disimpukan bahwa penerapan model pembelajaran IPA dengan Pendekatan kontekstual dalam mata pelajaran IPA materi Benda dan sifatnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI AN NUR Penggaron Kidul Pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2010/201. Peneliti menyarankan kepada Kepala sekolah hendaknya selalu menganjurkan kepada semua guru untuk mengajar dengan metode yang membuat siswa aktif, merasa senang, dan nyaman sehingga kejenuhan akan terhindar. Guru diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas dan metode yang bervariasi dalam pembelajaran, sehingga keaktifan siswa siswa dapat lebih ditingkatkan. Siswa dibiasakan untuk mengemukakan pendapat dan belajar kelompok dalam menyelesaikan masalah atau tugas tertentu bagi keberhasilan belajarnya.