Pemikiran pendidikan Al-Ghazali dalam kitab ayyuha al-walad

Main Author: Tamam, Badrut
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11975/1/NIM_3100167_Skripsi_Lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11975/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pemikiran pendidikan al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al-Walad, 2) Relevansi pemikiran pendidikan al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al-Walad dengan pendidikan kontemporer. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang didasarkan pada riset kepustakaan (library research). Artinya, mengumpulkan data yang diinginkan dan relevan dengan masalah yang dikaji, dengan menggunakan metode historis untuk membuat rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif, dengan cara mengumpulkan fakta dan memperoleh kesimpulan yang kuat tentang masalah yang dikaji. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode diskriptif yaitu dengan mendeskripsikan suatu gejala dan peristiwa yang terjadi sekarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kesamaan kondisi sosial zaman al-Ghazali dengan kondisi sekarang. Pada masa al-Ghazali masyarakat Islam sudah cenderung kepada pola hidup materialistis. Status kemanusiaan sering diukur dengan hal-hal yang bersifat kebendaan (materi). Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan konstruksi sosial kemasyarakatan dewasa ini. Bahkan dalam batas-batas tertentu lebih parah. Di sinilah nilai penting reorientasi pendidikan, termasuk pendidikan Islam. Dalam buku ini, penulis menawarkan gagasan al-Ghazali untuk menemukan kembali ruh pendidikan itu. Pendek kata, penulis menampilkan pemikiran pendidikan al-Ghazali sebagai alternatif sistem pendidikan Islam di tengah masyarakat yang sedemikian pragmatis ini.