Penerapan Metode Audio Visual dalam meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Materi Surat al-Lahab Semester I Siswa Kelas IV MI Mororejo 2 Kaliwungu Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini antara lain : (1) Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV mata palajaran Al-Quran Hadits pada materi melafalkan surat al-Laahab melalui metode Audio Visual di MI Mororejo 2 Kaliwungu Kendal ?, (2) Tepatkah menggunaan metode Audio Visual pada mata pelajran Al-Quran Hadits materi melafakan surat al-Lahab di MI Mororejo 2 Kaliwungu Kendal ? (3) Bagaiamanakah penggunaan metode Audio Visual pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi melafalkan surat al-Lahab ? Sedangkan penelitian ini bertujuan : (1) untuk mengetahui upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV mata pelajaran Al-Quran Hadits Pada materi melafalkan surat al-Lahab, (2) untuk mengetahui tepat tidaknya penggunaan metode Audio Visual pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi melafalkan nsurat al-Lahab, (3) untuk mengetahui penggunaan metode Audio Visual pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi melafalkan surat al-Lahab. Jenis peneitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), metode yang digunakan antara lain ; observasi, dokumentasi dan test. Subyek penelitian kelas IV MI Mororejo 2 Kaliwungu Kendal yang berjumlah 35 anak. Penelitian ini dirancang dua siklus. Setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan analisis, refleksi serta evauasi. Data yang diambil adalah hasil belajar melalui tes akhir siklus dan keaktifan siswa melalui lembar kerja observasi pada waktu pelaksanaan pembelajaran. Indikator yang diharapkan peneliti adalah siswa yang mendapat nilai < 6,5 akan mencapai 85% dan keaktifan siswa akan mencapai 85% pada akhir peneitian. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan hasil belajar pada sikus I, siswa yang mendapat nilai > 6,5 ada 28% dan siswa yang mendapat nilai <6,5 ada 72%. Pada siklus II siswa yang mendapat > 6,5 ada 85% dan siswa yang mendapat nilai < 6,5 ada 15%. Sedangkan keaktifa siswa sikus I sebesar 65,71% dan siklus II sebesar 85,71% atau sudah mencapai indicator 85%. Pada siklus I, kerjasama siswa sebesar 65% dan pada siklus II sebesar 85%. Kinerja guru pada siklus I dengan skor 31 (baik) dan pada siklus II dengan skor 39 (baik). Kesimpulan peneitian ini adalah pembelajaran menggunakan metode Audio Visual dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi melafalkan surat al-Lahab , serta meningkatkan keaktifan siswa. Dari hal diatas dapat penulis sarankan kepada guru AL-Quran Hadits agar dapat menggunakan metode Audio Visual sebagai salah satu alternative pembelajaran di kelas.