Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik melalui Perpaduan Model Pembelajaran Everyone is Teacher Here dan Team Quiz dalam pembelajaran Fiqih Kelas V Semester Ganjil Materi Pokok Makanan dan Minuman yang Halal dan yang Haram di MI Miftahul Huda Ngemplik Karanganyar Tahun 2011/2012
Daftar Isi:
- Skripsi ini mengkaji peningkatan keaktifan peserta didik di kelas V MI Miftahul Huda Ngemplik dalam pembelajaran Fiqih semester ganjil materi pokok makanan dan minuman yang halal dan yang haram dengan menerapkan perpaduan model pembelajaran Everyone is Teacher Here dan Team Quiz. Pembahasan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa kelas V MI Miftahul Huda dalam pembelajaran Fiqih dengan metode ceramah. Siswa sejauh ini pasif dan kurang bisa menyerap materi pembelajaran dengan optimal. Kebiasaan seperti ini tentu saja akan berpengaruh negatif pada hasil belajar siswa. Rumusan masalah yang dimunculkan dalam penelitian yaitu bagaimana tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran Fiqih pada materi makanan dan minuman yang halal dan yang haram di MI Miftahul Huda Ngemplik Karanganyar, antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran Everyone is Teacher Here dan Team Quiz. Permasalahan tersebut dibahas menggunakan jenis penelitian tindakan. Dalam hal ini peneliti melakukan kajian sekaligus memberikan perubahan dalam model pembelajaran. Peneliti terlibat secara langsung di dalam obyek penelitian dengan melaksanakan proses pembelajaran di kelas V, khususnya dalam pembelajaran Fiqih materi pokok makanan dan minuman yang halal dan yang haram. Selain itu peneliti melibatkan salah satu guru MI Miftahul Huda untuk melakukan kolaborasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan paduan antara model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dan Team Quiz dapat memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam meningkatkan keaktifan siswa. Ditandai dengan banyaknya siswa yang lebih banyak terlibat dalam proses pembelajaran, melalui respons timbal balik dalam pembelajaran, hingga perubahan positif pada hasil belajar. Dengan begitu penelitian ini menunjukkan bahwa perpaduan antara model pembelajaran Everyone Is Teacher Here dan Team Quiz, dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran guna meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih materi pokok makanan dan minuman yang halal dan yang haram, maupun materi lain pada umumnya. Maka dari itu penulis memandang bahwa guru perlu melakukan inovasi dengan memadukan metode Everyone Is Teacher Here dan Team Quiz khususnya dalam pembelajaran Fiqih guna meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan keaktifan siswa akan sangat berpengaruh dalam pencapaian hasil belajar siswa.