Daftar Isi:
  • Dalam pembelajaran pada pelajaran Ipa materi pesawat sederhana,kebanyakan dari orang tua siswa merantau ke luar jawa sehingga kurangnya pengawasan orang tua siswa dalam pendidikan anak anaknya,serta kurangnya kesadaran mereka akan pentingnya pendidikan sekarang ini ,dengan orientasi mereka yang apabila anaknya sudah lulus kelas enan maka anak tersebut akan dibawa merantau untuk membantunya bekerja. pendidik hanya menggunakan model pembelajaran ceramah saja sehingga siswa akan merasa bosan yang mengakibatkan rendahnya minat siswa untuk mempelajari materi yang sedang disampaikan.serta tidak adanya media pendukung yang berguna dalam proses belajar mengajar.pendidik kurang memperhatikan latar belakang / dimana anak itu tinggal, pendidikan orang tua mereka dan bagaimana respon orang tua terhadap pendidikan anak. Penelitian ini bertujuan: ( 1 ) Untuk mengetahui hasil nilai yang diperoleh siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw di MI Miftahul Huda Turirejo Demak Tahun Pelajaran 2010 / 2011. (2) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Jigsaw pada pelajaran Ipa materi pesawat sederhana di Kelas V MI. Miftahul Huda 3 Turirejo Demak Tahun 2010 / 2011. (3) Untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Jigsaw meningkatkan hasil siswa dalam pelajaran Ipa materi pesawat sederhana di Kelas V MI Miftahul Huda 3 Turirejo Demak Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan siklus dimana tiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas kelas V MI Miftahul Huda 3 Turirejo Demak Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada hasil belajar siswa pra siklus termasuk dalam kategori kurang dengan skor rata-rata keseluruhan aspek sebesar 48,68 dengan nilai ketuntasan siswa sebesar 21%. Sedangkan pada pelaksanaan siklus yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw terjadi peningkatan hasil pembelajaran yaitu 69,21 atau sekitar 63% dari hasil sebelum mengunakan model jigsaw. Dari hasil analisis data yang diperoleh tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Jigsaw dalam proses pembelajaran Ipa materi pesawat sederhana di Kelas V MI. Miftahul Huda 3 Turirejo Demak dapat meningkatkan hasil belajar siswa.. Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan agar model pembelajaran Jigsaw dapat digunakan dalam proses pembelajaran Ipa materi pesawat sederhana di sekolah. Pada proses pembelajaran Ipa materi pesawat sederhana di Kelas V MI. Miftahul Huda 3 Turirejo Demak juga disarankan agar menggunakan model - model pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan situasi di dalam kelas