Pengaruh kompetensi mengajar guru pendidikan agama islam terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Wirosari Kabupaten Grobogan tahun 2006

Main Author: MA’RUF, THOHA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11859/1/3100163fullpdf.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11859/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi mengajar guru PAI (X) terhadap motivasi belajar siswa (Y) MTsN Wirosari Grobogan. Sampel penelitian diambil dari peserta didik berjumlah 95 orang dari populasi sebesar 380 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, sedangkan pengumpulan data untuk kedua variabel yaitu kompoetensi mengajar guru PAI dan variabel motivasi belajar siswa menggunakan instrumen angket. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi. Dengan menggunakan rumus ax y  atau YY ( XXa )    diperoleh persamaan regresi ,0 7541 ,7 0193   Y X . Hasil analisis data diperoleh F reg = 92,0375 lebih besar dari F tabel, baik pada taraf signifikasi 1% (6,85) maupun 5% (3,92). Hasil tersebut dapat diartikan bahwa ada pengaruh positif antara kompetensi mengaja guru PAI terhadap motivasi belajar siswa, yang membuktikan hipotesis yang ada dapat diterima dan dapat dibuktikan. Saran penulis adalah guru agama perlu mempertahankan dan meningkatkan kemampuan kompetensi mengajarnya sebagai seorang guru,yang demikian itu sehingga dapat dijadikan motivasi bagi siswa untuk dijadikan semangat dalam belajar. Demikian juga guru pelajaran nonPAI.