Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan metode Index Card Match dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an materi pokok idghom bighunnah di kelas III MI Roudlotus Syubban Batursari Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011. (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas III MI Roudlotus Syubban Batursari Mranggen Demak Tahun Pelajaran 2010/2011 sesudah penerapan metode Index Card Match mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an materi pokok idghom bighunnah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (clasroom action research) pada peserta didik kelas III MI Roudlotus Syubban Batursari Mranggen Demak. Dari hasil observasi secara langsung di kelas III melalui prasiklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Materi Pokok Idghom Bighunnah yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum optimal artinya belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MI Roudlotus Syubban Batursari Mranggen Demak dengan populasi 200 peserta didik. Subyek yang akan diteliti adalah peserta didik pada kelas III yang berjumlah 36 peserta didik . Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan menggunakan metode Index Card Match dengan menciptakan suasana pembelajaran aktif serta pemberian soal-soal latihan yang bervariasi maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi aktif dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap prasiklus dan siklus I. Pada tahap prasiklus, keaktifan belajar peserta didik mempunyai prosentase 62,85% dan rata-rata tes akhir 63,13. pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 68,57% dan rata-rata tes akhir 73,02. Untuk perbaikan maka dilanjutkan siklus II, dalam siklus II terdapat peningkatan mejadi 82.85% dengan rata-rata 80,22. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan metode Index Card Match.