Pengaruh kemampuan kognitif PAI siswa terhadap pengamalan shalat siswa kelas V SDN Batursari 1 Mranggen Demak

Main Author: Mas'udi, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11826/1/3100115fullpdf.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11826/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan kognitif Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SDN Batursari I Mranggen Demak. 2) Untuk mengetahui bagaimana engamalan shalat Siswa Kelas V SDN Batursari I Mranggen Demak. 3) Untuk mengetahui apa pengaruh antara kemampuan kognitif Pendidikan Agama Islam siswa terhadap pengamalan shalat pada Siswa Kelas V SDN Batursari I Mranggen Demak Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tehnik analisis regresi. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, metode angket dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan kognitif Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas V SDN Batursari I Mranggen Demak dapat dikatakan cukup Hal ini berdasarkan pada nilai hasil tes yang rata-rata bernilai 7 termasuk kategori cukup. Sedang untuk Pengamalan Shalat Siswa Kelas V SDN Batursari I Mranggen Demak dapat dikatakan baik hal ini berdasarkan nilai rata hasil angket sebesar 45,42 dan masuk dalam interval 45 – 50 yang termasuk kategori baik. Jadi akhir dari penelitian ini menyatakan ada pengaruh Kemampuan kognitif Pendidikan Agama Islam Siswa berpengaruh Terhadap Pengamalan Shalat Siswa Kelas V SDN Batursari I Mranggen Demak. Hal ini terbukti dari besarnya Freg= 1357.719 dan Ft 1% = 7.31 dan 5% = 4.08 . sehingga Freg lebih besar dari Ft 1% dan Ft 5%. Ini berarti bahwa pengetahuan kognitif pendidikan agama Islam benarbenar memberikan pengaruh yang meyakinkan terhadap pengamalan shalat siswa SDN Batursari 1 Mranggen Demak . Dan ini berarti hipotesis yang telah diajukan dapat diterima