Studi tentang metode belajar mudzakarah di madrasah diniyah awaliyah pondok Pesantren raudlotul qur’an Mangkangkulon Semarang

Main Author: Kumudaningsih, Kumudaningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11801/1/3100022fullpdf.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11801/
Daftar Isi:
  • Dasar pembentukan metode belajar mudzakarah sebagai salah satu model belajar di Madrasah Diniyah Awaliya Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkangkulon adalah pentingnya aplikasi metode ini dalam pembelajaran di madrasah diniyah. Manfaat dan kelebihan yang didapat dari metode ini: Santri lebih terdorong untuk mempelajari kitab-kitab Islam klasik secara lebih mendalam. Santri terlatih dalam memecahkan masalah-masalah dengan menggunakan kitab-kitab yang tersedia. Kemampuan santri dapat diukur dan dinilai yang oleh seorang ustadz. Dengan indikasi, bahwa santri secara langsung menjawab permasalahan atau persoalan yang diajukan. Pemahaman santri terhadap kitab-kitab Islam klasik dapat dievaluasi. Tentu saja, karena dengan metode mudzakarah ini santri langsung belajar dan diuji kemampuan pemahaman mereka mengenai kitab-kitab Islam klasik, seperti: fiqih, tauhid, nahwu dan lain sebagainya. Kyai dapat mengetahui santri-santrinya yang dianggap kompeten, sehingga santri tersebut dapat diangkat menjadi pengajar kitab-kitab Islam klasik. Pelaksanaan metode belajar mudzakarah di Madrasah Diniyah Awaliyah Pondok Pesantren Raudlotul Qur’an Mangkangkulon adalah 3 kali dalam seminggu yaitu dilaksanakan mulai jam 15.30 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Adapun pelaksanaan mudzakarah itu mulai jam 21.00 s/d 22.00 maksimal 1 minggu 3 kali, yaitu malam Ahad, malam Senin dan Malam Kamis. Metode mudzakarah ini ditetapkan untuk semua materi pelajaran. Setiap santri dituntut atau diharapkan untuk melakukan latihan terhadap mata pelajaran yang dipelajari seperti: nahwu, sharaf, tajwid, tauhid, fiqih dan lainnya. Dimana skripsi ini menggunakan metode metode observasi, metode Wawancara, Metode Dokumentasi, sedangkan Metode Analisis Data adalah metode deskriptif dan metode deduktif.