Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas ii SLTP Hasanuddin 6 Semarang

Main Author: Hermawan, Ady Priyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11783/1/310003%20fullpdf.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11783/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui kategori tingkat kedisiplinan belajar siswa kelas II SLTP Hasanuddin 06 Semarang. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas II SLTP Hasanuddin 06 Semarang. 3) Untuk mengetahui disiplin belajar PAI peserta didik kelas II SLTP Hasanuddin 06 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan field research (peneliti lapangan) dengan teknik korelasi. Subyek penelitian sebanyak 45 responden menggunakan teknik pengumpulan data sebanyak dengan angket, dokumentasi dan pengambilan sampel pengumpulan data/ angket untuk menjaring data X dan kuesioner untuk menjaring data y, instrumen angket sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang obyektif terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, dan taraf kesukaran. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik pengujian hipotesis penelitian menggunakan korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar pendidikan Agama Islam, ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0,7053 dengan rt. Pada taraf signifikan 1% dan kkoefisien korelasi rt = 0,202 pada taraf signifikan 5% dan terhitung 5,4341 dengan tabel (0,01)x5 = 2,690, ttabel = (0,05)45 = 2,014. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah, para siswa dan para tenaga mengajar mata pelajaran PAI terutama dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada anak didiknya.