Penggunaan Metode Learning Start With a Quetion untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Sholat Idul Adha Kelas IV Semester 2 di MI Tarbiyyatul Athfal Wedung Demak Tahun Pelajaran 2010/2011
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tipe Learning Start With A Quetion dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Fiqih Pokok Bahasan Sholat Idul Adha di MI Tarbiyyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2010/2011 Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Tarbiyyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observassi, dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik ketuntasan belajar 65% dan rata-rata kelas 6,5. Pada penelitian tindakan kelas ini dirancang 2 (dua) siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun data yang dianalisis yaitu hasil tes tertulis tentang pelajaran Fiqih pokok bahasan Sholat Idul Adha, terdiri dari: ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan data belajar individu , nilai yang diperoleh Siswa secara individual dianalisis 55,93%. Dengan demikian, siswa belum dikatakan tuntas belajarnya secara individual, karena belum mencapai nilai minimal 65.Berdasarkan data belajar klasikal , nilai yang diperoleh Siswa secara klasikal dianalisis 18,75%, nilai rata-rata hasil tes tertulis 55,93. Dengan demikian, siswa belum dikatakan tuntas belajarnya secara klasikal, karena belum mencapai nilai minimal 65. Pada Siklus 1 dilaksanakan satu pertemuan dan Siklus dua dilaksanakan dengan satu pertemuan. Pada tahap siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai hasil belajar secara individi 62,75%, nilai hasil belajar secara klasikal 46,875%, nilai rata-rata hasil tes tertulis 62,75. Kemudian pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan, nilai peserta didik secara individual 79%, nilai peserta didik secara klasikal 96,87 %, nilai rata-rata hasil tes tertulis 79. dengan ketuntasan minimal individu dan klasikal 65%. nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu secara individual mencapai 79%, dan secara klasikal mencapai 96,87%, nilai rata-rata hasil tes tertulis 79. dengan ketuntasan minimal 65%. Dari dua tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah menggunakan model Learning Start With A Quetion. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Learning Start With A Quetion dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Fiqih Pokok Bahasan Sholat Idul Adha Kelas IV Semester 2 di MI Tarbiyyatul Athfal Wedung Demak tahun pelajaran 2010/2011.