Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan penerapan alat peraga kartu pecahan dalam meningkatkan hasil belajar pengerjaan hitung matematika sub bahasan operasi bilangan pecahan. Kajian yang dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih di bawah rata-rata, dan perlunya pembelajaran matematika realistik untuk tingkat dasar agar motrifasi terhadap matematika bertambah. Sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana pelaksanaan penerapan alat peraga kartu pecahan terhadap hasil belajar pada sub bahasan operasi bilangan pecahan? (2) Apakah penerapan alat peraga karu pecahan pada sub bahasan operasi bilangan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas III MII Sangubanyu Kecamatan Bawang Kabupaten Batang? Permasalahan tersebut dibahas melalui penilitan tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di MII Sangubanyu Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Pengambilan tersebut didasarkan pada nilai rata-rata peserta didik yang jauh dibawah rata-rata 60. Adapun data yang diolah, diperoleh dari berbagai wawancara, observasi, tes dan dokumentasi, yang di analisis selama dua siklus. Kajian pada tulisan ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan alat peraga kartu pecahan adalah skenario pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pengerjaan sub bahasan operasi bilangan pecahan kelas III MII Sangubanyu Kecamatan Bawang Kabupaten Batang Tahun 2011/2012, dengan model demonstrasi pengerjaan hitung menggunakan kartu pecahan dalam memahami sub bahasan operasi bilangan pecahan dapat membuat peserta didik lebih memahami materi secara visual dan nyata daripada secara simbol abstrak atau audio. (2) Pennggunaan alat peraga kartu pecahan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi bahasan operasi bilangan kelas III MII Sangubanyu Kecamatan Bawang Kabupaten Batang Tahun 2011/2012 dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 80. Dengan keberhasilan belajar klasikal 81%. Dengan meningkatnya hasil belajar peserta didik pada pengerjaan hitung matematika sub bahasan operasi bilangan pecahan maka dapat berarti pula penerapan alat peraga kartu pecahan dapat diterapkan pada materi lainnya namun dengan variasi yang berbeda agar tidak selalu monoton.