Hubungan hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian dan hasil belajar mata kuliah statistik dengan nilai skripsi mahasiswa jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang angkatan 2003

Main Author: Nihayah, Ulin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11621/1/3104215_ULIN_NIHAYAH.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11621/
Daftar Isi:
  • Ulin Nihayah (NIM: 3104215). Hubungan Hasil Belajar Mata Kuliah Metodologi Penelitian dan Hasil Belajar Mata Kuliah Statistik dengan Nilai Skripsi Mahasiswa Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang angkatan 2003. Skripsi. Semarang. Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo. 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah terdapat hubungan antara hasil belajar Mata kuliah Metodologi penelitian (X1) dengan nilai skripsi (Y), (2) Apakah terdapat hubungan antara hasil belajar mata kuliah statistik (X2) dengan nilai skripsi (Y), (3) Apakah ada hubungan hasil belajar Mata kuliah Metodologi penelitian (X1) dan hasil belajar mata kuliah statistik (X2) secara bersama-sama dengan nilai skripsi wisudawan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo periode Agustus 2007 dan Februari 2008. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan desain analisis korelasional. Subyek penelitian sebanyak 67 mahasiswa yang diambil dari semua populasi. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk mengetahui data (X1), (X2) dan (Y). Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi dan korelasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian dengan nilai skripsi, ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,161 dengan p = 0,193 dan persamaan regresi Y’ = 2,90 + 0,08 X1. Koefisien determinasi 0,026. Kontribusi hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian dengan nilai skripsi sebesar 2,6%. 2) Tidak ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar mata kuliah statistik dengan nilai skripsi, ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,069 dengan p = 0,579 dan persamaan regresi Y’ = 3,07 + 0,03 X2. Koefisien determinasi sebesar 0,005. Kontribusi hasil belajar mata kuliah statistik dengan nilai skripsi sebesar 0,5%. 3) Tidak ada hubungan yang signifikan antara hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian dan hasil belajar mata kuliah statistik secara bersama-sama dengan nilai skripsi, ditunjukkan oleh Freg 0,870 dengan p = 0,424 dan persamaan regresi ganda Y’ = 2,88 + 0,078 X1 + 0,011 X2. Koefisien determinasi 0,026. Kontribusi hasil belajar mata kuliah metodologi penelitian dan hasil belajar mata kuliah statistik secara bersama-sama terhadap nilai skripsi sebesar 2,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa nilai mata kuliah metodologi penelitian dan nilai mata kuliah statistik tidak mempengaruhi nilai skripsi mahasiswa. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi civitas akademika dan mahasiswa, para tenaga pengajar khususnya Fakultas Tarbiyah untuk terus meningkatkan motivasi berprestasi khususnya dalam hal penelitian.