Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran akan lebih bermakna bila peserta didik mengalami, bukan hanya mengetahui apa yang dipelajari. Pembelajaran kontekstual atau yang sering disebut CTL (Contextual Teaching and Learning) merupakan salah satu cara alternatif dalam proses pembelajaran yang melibatkan peserta didik lebih produktif dalam belajar. CTL merupakan konsep pembelajaran yang membantu guru mengaitkan aitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata dunia peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau sering disebut Classroom Action Research. Di mana merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Dalam prosesnya, peneliti bertindak sebagai pengajar dan seorang kolaborator sebagai observer. Penelitian ini akan dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan tiap siklus memiliki beberapa tahapan yakni, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MII Simpar Kec. Bandar Kab. Batang. Waktu pelaksanaan penelitian adalah pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 di kelas 2. Subjek pelaku tindakan adalah peneliti dan seorang kolaborator sebagai observer. Sedangkan subjek penerima tindakan adalah seluruh siswa kelas 2 MII Simpar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Aqidah Akhlaq peserta didik kelas 2 materi pokok kalimat Toyibah di MII Simpar Bandar-Batang. Hal tersebut dapat ditunjukkan melalui peningkatan yang terjadi pada setiap siklus yakni, pra siklus dengan rata-rata sebesar 57.57 dan ketuntasan klasikal sebesar 51.50%, siklus I dengan rata-rata sebesar 65.30 dan ketuntasan klasikal sebesar 84.84%, dan pada siklus II dengan rata-rata sebesar 66.80 dan ketuntasan klasikal mencapai hingga 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Aqidah Akhlaq peserta didik kelas 2 materi pokok kalimat Toyibah di MII Simpar Bandar-Batang tahun ajaran 2011/2012