Efektivitas quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar sistem pencernaan manusia pada siswa kelas viii MTs Salafiyah Kajen Kabupaten Pati
Main Author: | Indrawati, Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11595/1/3104295_fullpdf.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11595/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas quantum teaching terhadap hasil belajar biologi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Subyek penelitian sebanyak 76 responden yang terbagi atas dua kelas yaitu kelas eksperimen (38 siswa) dan kelas kontrol (38 siswa) yang menggunakan teknik cluster random sampling dengan cara mengacak seluruh peserta sebagai langkah pemilihan sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes (multiple choice test) untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Sebelum tes digunakan untuk menggunakan data yang obyektif dilakukan dahulu uji coba untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Selain itu digunakan metode dokumentasi untuk mengambil data nama siswa ang termasuk dalam populasi dan sampel penelitian.. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan hipotesisnya menggunakan analisis uji t. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa quantum teaching lebih efektif untuk meningkatkan evaluasi hasil belajr. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes yang mrnunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diberi perlakuan melalui quantum teaching mendapatkan nilai lebih tinggi yaitu 76,49 sedangkan kelas kontrol yang tidak menerima quantum teaching mendapatkan nilai 67,32. Berdasarkan uji t dengan taraf signifikan 5 % didapatkan t hitung 2,99 dan t tabel 1,67, karena t hitung ≥ t tabel maka ada perbedaan nyata antara hasil belajar yang diberi pembelajaran kuantum dengan yang tidak. Maka dapat dikatakan bahwa quantum teaching lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap evaluasi hasil belajar. Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang terutama dalam memberikan dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.