Upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bacaan pada pembelajaran tajwid mata pelajaran PAI melalui strategi inkuiri siswa kelas VII a SMP Annidlomiyah Kaliwungu Kendal

Main Author: Musyafaah, Inayatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11588/1/3104318_fullpdf.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11588/
ctrlnum 11588
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11588/</relation><title>Upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bacaan pada pembelajaran tajwid mata pelajaran PAI melalui strategi inkuiri siswa kelas VII a SMP Annidlomiyah&#xD; Kaliwungu Kendal</title><creator>Musyafaah, Inayatul</creator><subject>001 Knowledge</subject><subject>370 Education</subject><subject>373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)</subject><description>Kenyataan di lapangan masih dijumpai strategi mengajar yang belum maksimal khususnya dalam pembelajaran tajwid Mapel PAI, sehingga proses pembelajaran PAI kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran tajwid menggunakan strategi Inkuiri dan mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bacaan tajwid di dalam Al-Qur&#x2019;an setelah menggunakan strategi Inkuiri.&#xD; Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Targgart dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.&#xD; Subjek pelaksana tindakan adalah dengan guru PAI Kelas VII, dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A semester I tahun ajaran 2008/2009 SMP Annidlomiyah Kaliwungu Kendal. Dalam penelitian ini peneliti melakukan perencanaan penelitian, pengamatan, mengumpulkan data, dan analisis data hasil penelitian untuk menjawab permasalahan.&#xD; Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dihitung dengan rumus Anava sedangkan analisis deskriptif kualitatif melalui beberapa siklus yang terdiri dari siklus I, dan siklus II.&#xD; Hasil PTK ini pertama Pembelajaran dengan strategi Inkuiri dilaksanakan dengan menggunakan Inkuiri terpimpin dua arah, pada siklus I menggunakan sistem individu pada siklus II menggunakan sistem kelompok. Dengan strategi Inkuiri pembelajaran lebih kondusif dan siswa menjadi aktif selama proses pembelajaran. Kedua, Kemampuan mengidentifikasi mengalami peningkatan dari siklus I meningkat menjadi 66.76 pada siklus II meningkat menjadi 71.72.&#xD; Analisis hasil penelitian membuktikan bahwa strategi Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bacaan pada pembelajaran tajwid Mapel PAI siswa kelas VII A SMP Annidlomiyah Kaliwungu Kendal. Hasil penelitan tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru dan orang tua) untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa pada Mapel PAI.</description><date>2009-01-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11588/1/3104318_fullpdf.pdf</identifier><identifier> Musyafaah, Inayatul (2009) Upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bacaan pada pembelajaran tajwid mata pelajaran PAI melalui strategi inkuiri siswa kelas VII a SMP Annidlomiyah Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN WALISONGO. </identifier><recordID>11588</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Musyafaah, Inayatul
title Upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bacaan pada pembelajaran tajwid mata pelajaran PAI melalui strategi inkuiri siswa kelas VII a SMP Annidlomiyah Kaliwungu Kendal
publishDate 2009
topic 001 Knowledge
370 Education
373.2 Sekolah lanjutan (SMP
SMA)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11588/1/3104318_fullpdf.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11588/
contents Kenyataan di lapangan masih dijumpai strategi mengajar yang belum maksimal khususnya dalam pembelajaran tajwid Mapel PAI, sehingga proses pembelajaran PAI kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran tajwid menggunakan strategi Inkuiri dan mengetahui kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bacaan tajwid di dalam Al-Qur’an setelah menggunakan strategi Inkuiri. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Targgart dilakukan dengan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pelaksana tindakan adalah dengan guru PAI Kelas VII, dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A semester I tahun ajaran 2008/2009 SMP Annidlomiyah Kaliwungu Kendal. Dalam penelitian ini peneliti melakukan perencanaan penelitian, pengamatan, mengumpulkan data, dan analisis data hasil penelitian untuk menjawab permasalahan. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kuantitatif dihitung dengan rumus Anava sedangkan analisis deskriptif kualitatif melalui beberapa siklus yang terdiri dari siklus I, dan siklus II. Hasil PTK ini pertama Pembelajaran dengan strategi Inkuiri dilaksanakan dengan menggunakan Inkuiri terpimpin dua arah, pada siklus I menggunakan sistem individu pada siklus II menggunakan sistem kelompok. Dengan strategi Inkuiri pembelajaran lebih kondusif dan siswa menjadi aktif selama proses pembelajaran. Kedua, Kemampuan mengidentifikasi mengalami peningkatan dari siklus I meningkat menjadi 66.76 pada siklus II meningkat menjadi 71.72. Analisis hasil penelitian membuktikan bahwa strategi Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bacaan pada pembelajaran tajwid Mapel PAI siswa kelas VII A SMP Annidlomiyah Kaliwungu Kendal. Hasil penelitan tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru dan orang tua) untuk dapat meningkatkan kemampuan siswa pada Mapel PAI.
id IOS2754.11588
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2020-10-12T05:40:41Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:47Z
recordtype dc
_version_ 1765821647526297600
score 17.13294