Studi komparasi tentang prestasi belajar aqidah akhlaq siswa kelas XI antara yang berasal dari MTs dan yang berasal dari SMP di MAN 2 Semarang tahun 2007/2008
Main Author: | Baroroh, Rifqotul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11574/1/3103174_RIFQOTUL_BAROROH.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11574/ |
Daftar Isi:
- Rifqotul Baroroh (NIM. 3103174). Studi komparasi tentang prestasi belajar Aqidah Akhlaq kelas XI antara siswa yang berasal dari MTs dan SMP di MAN 2 Semarang tahun 2007/2008. Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) ada tidaknya perbedaan antara prestasi belajar Aqidah Akhlaq ranah kognitif siswa yang berasal dari MTs dan yang berasal dari SMP di MAN 2 Semarang. 2) ada tidaknya perbedaan antara prestasi belajar Aqidah Akhlaq ranah afektif siswa yang berasal dari MTs dan yang berasal dari SMP di MAN 2 Semarang. 3) ada tidaknya perbedaan antara prestasi belajar Aqidah Akhlaq siswa yang berasal dari MTs dan yang berasal dari SMP di MAN 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis t-test. Subyek penelitian sebanyak 116 responden terdiri dari 61 siswa yang berasal dari MTs dan 55 siswa yang berasal dari SMP. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan tes, kuesioner dan wawancara untuk memperoleh data yang berkaitan dengan prestasi belajar Aqidah Akhlaq siswa. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar Aqidah Akhlaq ranah kognitif siswa kelas XI yang berasal dari MTs dan yang berasal dari SMP dimana nilai t hitung 3,5 lebih besar daripada nilai t tabel baik taraf signifikansi 1% 2,617 maupun 5% 1,98. 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar Aqidah Akhlaq ranah afektif siswa kelas XI yang berasal dari MTs dan yang berasal dari SMP dimana nilai t hitung 2,516 lebih besar daripada nilai t tabel taraf signifikansi 5% 1,98. 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar Aqidah Akhlaq siswa kelas XI yang berasal dari MTs dan yang berasal dari SMP dimana nilai t hitung 3,59 lebih besar daripada nilai t tabel baik taraf signifikansi 1% 2,617 maupun 5% 1,98. Dengan demikian, hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, para guru khususnya di MAN 2 Semarang, para siswa, dan semua pihak, bahwa kemampuan dasar yang diperoleh sebelumnya sangat berpengaruh terhadap hasil belajar pada jenjang pendidikan selanjutnya.