Pengaruh Faktor Spiritual Marketing terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Pati)
Daftar Isi:
- Penelitian ini menjelaskan masalah apakah terdapat pengaruh faktor spiritual marketing (teistis (rabbâniyyah), humanistis (insâniyyah), realistis (al-wâqi’iyyah) dan etis (akhlâqiyyah)) terhadap loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Pati. Penelitian ini bertujuan menguji secara parsial dan simultan bagaimana faktor spiritual marketing berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Pati. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi beberapa pihak, diantaranya memberikan masukan dan informasi terhadap praktisi Perbankan Syari'ah khususnya Bank Muamalat Indonesia, terutama manajer pemasaran dalam menentukan kebijakan untuk menggunakan konsep pemasaran yang efektif guna mempertahankan loyalitas nasabahnya. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik sampel acak (probability sampling). Sedangkan instrumen penelitian untuk mengumpulkan data menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas instrumen, analisis regresi linier sederhana, dan uji asumsi klasik. Pengolahan statistiknya menggunakan program SPSS versi 16.0, di mana menunjukan bahwa pengaruh variabel independen (faktor spiritual marketing) terhadap variabel dependen (loyalitas nasabah) memberikan sumbangan sebesar 11.8%, sedangkan yang 88.2% sisanya dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Hasil uji empiris pengaruh faktor spiritual marketing terhadap loyalitas nasabah menunjukkan nilai t hitung sebesar 3.613 dan p value (sig) sebesar 0.000 dengan menggunakan tingkat alpha 10%, maka posisi nilai probabilitasnya berada di bawah nilai alpha. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara faktor spiritual marketing (teistis (rabbâniyyah), humanistis (insâniyyah), realistis (al-wâqi’iyyah) dan etis (akhlâqiyyah)) terhadap loyalitas nasabah.