Pengaruh metode student teams-achievement divisions (stad) terhadap hasil belajar fisika materi pokok gerak lurus pada siswa kelas x MAN 2 Kudus

Main Author: Prihestiyani, Rini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11561/1/3104148_Skripsi_Lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11561/
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini penulis memiliki rumusan masalah; 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan metode STAD di MAN 2 Kudus? 2) Bagaimana hasil belajar fisika materi pokok gerak lurus pada siswa kelas X MAN 2 Kudus setelah diberi pembelajaran dengan metode STAD? 3) Apakah ada pengaruh metode STAD terhadap hasil belajar fisika materi pokok gerak lurus pada siswa kelas X MAN 2 Kudus ? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan metode STAD pada materi pokok gerak lurus pada siswa kelas X. 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis hasil belajar fisika materi pokok gerak lurus pada siswa kelas X dengan menerapkan metode STAD. 3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis ada tidaknya pengaruh metode STAD terhadap hasil belajar fisika materi pokok gerak lurus pada siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan teknik analisis regresi. Subyek penelitian sebanyak 40 responden, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data X, instrumen tes untun menjaring data Y dan dokumentasi untuk mencari informasi lain mengenai responden. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi . Pengujian hepotesis penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan metode STAD di MAN 2 Kudus dikatakan CUKUP berdasarkan nilai rata-rata angket 101,8 yang masuk dalam interval 94-108, 2) Hasil belajar siswa materi gerak lurus dikatakan CUKUP berdasarkan nilai rata-rata soal tes 63 yang masuk dalam interval 59-66, 3) Penerapan metode Student Teams Achievement Divisione (STAD) berpengaruh terhadap hasil belajar fisika materi gerak lurus siswa kelas X MAN 2 Kudus. Hal ini ditunjukkan dari besarnya Freg = 193,877 dan Ft 1% = 7,31, dan Ft 5% = 4,08. sehingga Freg lebih besar dari Ft 1% dan Ft 5%. Ini menunjukkan bahwa penerapan metode STAD memberikan pengaruh terhadap hasil belajar fisika materi gerak lurus pada siswa kelas X MAN 2 Kudus melalui fungsi taksiran Y= 0,543X+7,705. Dan ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode STAD dengan baik akan membawa hasil belajar fisika materi pokok gerak lurus yang baik pula.