Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VI MI Salafiyah Gapuro, bagaimana pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab siswa kelas VI di MI Salafiyah Gapuro, dan Untuk mengetahui bagaimana pembelajaran peer tutoring (tutor sebaya) dengan metode lain pada siswa kelas VI MI Salafiyah Gapuro. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), atau classroom action research merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Pengambilan sampelnya menggunakan kelas VI MI Salafiyah Gapuro. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes prestasi belajar, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) dapat meningkatkan minat prestasi belajar murid kelas VI MI Salafiyah Gapuro dari hasil sebelum pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) diketahui hasil nilai yang diperoleh murid rata-rata 6,8 sedangkan yang diperoleh setelah pelaksanaan Peer Tutoring (Tutor Sebaya) diketahui hasil belajar siklus I nilai rata-rata 7,4 dan siklus II nilai rata-rata 7,9. Langkah-langkah pembelajaran Peer Tutoring (Tutor Sebaya) sebagai berikut: (1) Guru membentuk 5 kelompok murid yang pandai tersebar ke seluruh kelompok, murid yang pandai bertindak sebagai Tutor Sebaya. (2) Masing-masing kelompok mempelajari materi Harfu Jarr dengan di pandu murid yang pandai. (3) Setiap kelompok melalui wakil menyampikan materi yang dipelajari. (4) Guru memberikan klarifikasi seandainya ada pemahaman murid yang perlu diluruskan.