Efektivitas permainan kartu biologi terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok sistem gerak manusia Kelas viii MTs NU Banat Kudus

Main Author: Fithriani, Naily
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11540/1/3104142_Skripsi_Lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11540/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pelaksanaan permainan kartu biologi materi pokok sistem gerak manusia kelas VIII MTs Nu Banat Kudus, 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik materi pokok sistem gerak manusia kelas VIII MTs NU Banat Kudus, 3) Untuk mengetahui efektivitas permainan kartu biologi terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok sistem gerak manusia kelas VIII di MTs NU Banat Kudus, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis uji perbedaan dua rata-rata atau Uji T. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yaitu membandingkan antara kelas esperimen dengan kelas kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII G (kelas eksperimen) sebanyak 48 peserta didik dan VIII F (kelas kontrol) sebanyak 48 peserta didik, menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan metode tes untuk mencari data dan metode dokumentasi sebagai pelengkap. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik yang terlebih dahulu dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas diperoleh dengan uji chi kuadrat yaitu pre test kelas eksperimen diperoleh hitung = 4,51dan kelas kontrol hitung = 3,44 sedangkan post test eksperimen diperoleh hitung = 6,75 dan post test kelas kontrol diperoleh hitung = 1,39. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan tabel di mana α 5% dari daftar diperoleh (0,95)(3) = 7,81, sehingga hitung < tabel, maka data tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas diperoleh dengan menggunakan uji kesamaan dua varians antara kelas eksperimen dan kontrol. Data pre test antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh Fhitung = 1,156 dan post test antar kelas eksperimen dan kontrol diperoleh Fhitung = 1,000. Hasil tersebut dikonsultasikan dengan Ftabel di mana α = 5% dari daftar diproleh F(0.025)(47:47) = 1,78, sehingga Fhitung ≤ F1/2 α (nb-1)(nk-1), maka data tersebut berdistribusi homogen. Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada kelas kontrol, yaitu dengan ditunjukkkan nilai rata-rata kelas eksperimen memperoleh hasil 81,8 sedangkan hasil belajar kelas kontrol memperoleh hasil 67,4. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji t. Hasil perhitungan uji t antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah 5.339. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel dimana α = 5 % dengan dk = (48 + 48 - 2) diperoleh t(0,95)(94)= 1.66 karena t ≥ t (1-α)(n1+n2-2). Berarti Ha diterima atau signifikan. Dengan demikian permainan kartu biologi terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok sistem gerak manusia di MTs Nu Banat Kudus itu efektif yaitu dengan meningkatnya hasil belajar kelas eksperimen dibanding kelas kontrol. Berarti hipotesis diterima.