Daftar Isi:
  • Dalam proses pemasaran, sering dijumpai persoalan yang tidak etis dalam menjalankan usaha perusahaan. Dari moral sampai etika yang sudah mengalami pergeseran jauh dari prinsip kejujuran dan keadilan, sampai dengan menghalalkan segala cara untuk memperluas market share perusahaan. PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto mencoba untuk menerapkan syariah marketing dan syariah marketing tactic sebagai upaya dalam meningkatkan market share. Kenaikan pendapatan premi yang diperoleh PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto, ternyata berbeda dengan pendapatan premi secara nasional dari Asuransi Takaful Umum Pusat. Periode tahun ini, pendapatan premi Asuransi Takaful Umum tumbuh di bawah 10% dibanding dengan tahun 2011. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan Syariah Marketing di PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto? Apakah Syariah Marketing Tactic yang diterapkan di PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto dapat meningkatkan pangsa pasar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Data penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pihak terkait yaitu Kepala PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto dan data sekunder yang diperoleh melalui dokumentasi berupa data-data dari perusahaan dan berbagai literature yang berkaitan dengan syariah marketing. Hasil penelitian ini dapat menunjukkan bahwa penerapan syariah marketing yaitu dari segi karakteristiknya: teitis (rabbaniyyah), etis (akhlaqiyyah), realistis (al-waqi’iyyah) dan humanistis (al-insaniyyah) telah dilaksanakan PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto sejak berdiri pada tahun 2006. Periode tahun 2012, target yang telah dicapai oleh PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto adalah target penagihan premi dan target klaim, sedang target omset belum tercapai. Dan untuk meningkatkan pangsa pasar, PT. Asuransi Takaful Umum Kantor Perwakilan Purwokerto telah menerapkan syariah marketing tactic yaitu dari segi diferensiasi (differentation), bauran pemasaran (marketing mix) dan selling dalam produk yang ditawarkannya.