Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala madrasah dan pengaruhnya terhadap upaya peningkatan mutu kompetensi paedagogik guru MTs Darussa’adah Bulus Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen

Main Author: Sholikhah, Nihayatus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11501/1/3103052_NIHAYATUS_SHOLIKHAH.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11501/
Daftar Isi:
  • Nihayatus Sholikhah (NIM. 3103052). Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Pengaruhnya Terhadap Upaya Peningkatan Mutu Kompetensi Paedagogik Guru MTs Darussa’adah Bulus Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2003. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah (X) terhadap Mutu Kompetensi Paedagogik Guru (Y) MTs Darussa’adah Bulus Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan metode angket dengan teknik analisis regresi satu predictor. Subyek penelitian merupakan penelitian populasi, sebanyak 32 responden yang seluruhnya guru MTs Darussa’adah Bulus Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Pengujian hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah (X) terhadap Mutu Kompetensi Paedagogik Guru (Y) MTs Darussa’adah Bulus Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Hal ini ditunjukkan oleh: (a). Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah (X) mempunyai nilai rata-rata (mean) sebesar 66,5 dan memiliki kategori yang cukup yaitu berada pada interval 62-71. (2). Mutu Kompetensi Paedagogik Guru (Y) mempunyai nilai rata-rata (mean) sebesar 59,5 dan memiliki kategori yang cukup yaitu berada pada interval 54-64. (3) Berdasarkan hasil penelitian diatas pengaruh positif antara Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Mutu Kompetensi Paedagogik Guru ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0.478 pada taraf signifikansi 1% = 0,449 dan pada taraf signifikansi 5% = 0,349 dan koefisien determinan r2 = 0,228, hal ini menunjukkan bahwa 23% Mutu Kompetensi Paedagogik Guru ditentukan oleh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah melalui fungsi taksiran , sedangkan hasil Freg adalah 8,892 dan Ftabel pada taraf signifikan 1% = 7,56 karena Freg =8,892 > F(0,01; 1: 32) = 7,56. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Mutu Kompetensi Paedagogik Guru MTs Darussa’adah Bulus Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Dengan demikian semakin tinggi nilai Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Madrasah maka semakin tinggi pula Mutu Kompetensi Paedagogik Guru, begitu juga sebaliknya semakin rendah nilai Persepsi Guru Tentang kepemimpinan Kepala Madrasah maka semakin rendah pula Mutu Kompetensi Paedagogik Guru MTs Darussa’adah Bulus Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru dan pengelola di MTs Darussa’adah Bulus Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen, terutama dalam meningkatkan Mutu Kompetensi Paedagogik Guru agar senantiasa proses belajar mengajarnya berjalan sesuai arah dan tujuan yang ingin dicapai.