Korelasi perhatian orang tua dalam pendidikan agama anak dengan ketrampilan membaca Al-Qur’an remaja Srondol Kulon Banyumanik Semarang
Main Author: | Bawa, Eka Ari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11494/1/3103032_Eka_Ari_Bawa.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11494/ |
Daftar Isi:
- Eka Ari Bawa (NIM: 3103032). Korelasi perhatian orang tua dalam pendidikan agama anak dengan ketrampilan membaca al-Qur'an remaja Srondol Kulon Banyumanik Semarang. Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo 2008. Permasalahan: bagaimana perhatian orang tua dalam pendidikan agama anak Srondol Kulon Banyumanik Semarang, bagaimana ketrampilan membaca al-Qur’an remaja Srondol Kulon Banyumanik Semarang, dan adakah hubungan antara perhatian orang tua dalam pendidikan agama anak dengan ketrampilan membaca al-Qur’an remaja Srondol Kulon Banyumanik Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhatian orang tua dalam pendidikan agama anak Srondol Kulon Banyumanik Semarang, untuk mengetahui ketrampilan membaca al-Qur’an remaja Srondol Kulon Banyumanik Semarang dan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dalam pendidikan agama anak dengan ketrampilan membaca al-Qur’an remaja Srondol Kulon Banyumanik Semarang. Penelitian ini menggunakan metode field research dengan teknik analisis korelasi (satu predictor). Subyek penelitian sebanyak 40 responden, menggunakan penelitian populasi. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, metode tes, metode dokumentasi dan metode wawancara. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment dan regresi sederhana satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat korelasi antara perhatian orang tua dalam pendidikan agama anak dengan ketrampilan membaca al-Qur’an remaja Srondol Kulon Banyumanik Semarang, dengan hasil koefisien korelasi, xy = 0.409 > 0.312 pada taraf 5%, berarti signifikan, dan xy = 0.409 > 0,403 pada taraf 1%, berarti signifikan. (2) terdapat pengaruh perhatian orang tua dalam pendidikan agama anak dengan ketrampilan membaca al-Qur’an remaja Srondol Kulon Banyumanik Semarang, dengan hasil Fhitung = 7.6121 > 4,10 = F(0,05;1,36) = signifikan, dan Fhitung = 7.6121 > 7,35 = F(0,01;1,36) = signifikan. Jadi penelitian ini menyatakan ada hubungan antara perhatian orang tua dalam pendidikan agama anak dengan ketrampilan membaca al-Qur’an remaja Srondol Kulon Banyumanik Semarang, yaitu dilihat dari nilai xy > tabel 5% dan xy > tabel 1%, berarti signifikan dan hipotesis dapat diterima.