Pengaruh persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007/2008
Main Author: | Ghoni, Samsul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11493/1/3103028_SAMSUL_GHONI.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11493/ |
Daftar Isi:
- Samsul Ghoni (NIM: 3103028). Pengaruh persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI kelas XI di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007-2008. Skripsi. Semarang: program strata 1 jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo 2008. Permasalahan: bagaimana hubungan antara persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007/2008. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana (satu prediktor). Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket, metode observasi dan metode dokumentasi, serta metode wawancara. Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007-2008, untuk mengetahui hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007/2008 dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Comal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2007/2008. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru berada dalam kategori “cukup”. Dan rata-ratanya adalah 74,753. Berada dalam interval 71-78. Dan hasil penelitian tentang hasil belajar PAI peserta didik kelas XI melalui metode dokumentasi menunjukkan hasil dengan rata-rata 75.833. berada dalam interval 73-80. dan dikategori dengan nilai “cukup”. Jadi akhir dari penelitian ini menyatakan ada pengaruh positif antara persepsi peserta didik tentang variasi gaya mengajar guru terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas XI di SMA negeri 1 Comal kabupaten pemalang tahun ajaran 2007-2008, ditunjukkan dari hasil interpretasi dengan membandingkan Freg = 8.380 > Ft(0,05) = 4.00 dan Freg = 8.380 > Ft(0.01) = 7.31. dengan Freg > Ft(0.05dan0.01). Berarti signifikan dan hipotesis dapat diterima.