Korelasi antara motivasi keberagamaan dengan kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karang Tengah Demak

Main Author: Mahmudah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11486/1/3103013_NURUL%20MAHMUDAH.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11486/
Daftar Isi:
  • Nurul Mahmudah (NIM: 3103013). Korelasi antara Motivasi keberagaman dengan Kompetensi Kepribadian Guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak. Skripsi. Semarang. Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2008. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Adakah hubungan antara motivasi keberagamaan dengan kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan teknik korelasional, subyek penelitian sebanyak 35 responden dari guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak, dengan menggunakan teknik random sample. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk menjaring data X dan Y. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi keberagamaan guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 2,44. 2) Kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 2,39. 3) Ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi keberagamaan dengan kompetensi kepribadian guru MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak yaitu sebesar 57,76% yang ditunjukkan oleh hasil rxy = 0,760 yang menunjukkan signifikan apabila dikonsultasikan dengan r tabel, baik pada taraf 0,01 (0,430) maupun 0,05 (0,334). Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru di MTs se-Kecamatan Karangtengah Demak khususnya dan masyarakat umumnya terutama dalam memberikan dorongan kepada guru untuk mampu menjadi teladan bagi anak didik dan agar senantiasa menjadi pendidik yang dapat digugu dan ditiru.