Pengaruh pendidikan shalat pada masa kanak-kanak dalam keluarga terhadap kedisiplinan shalat lima waktu siswa kelas VIII di MTs Negeri Kendal

Main Author: Abshor, M. Khoirul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11485/1/3103008_M_KHOIRUL_ABSHOR.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11485/
Daftar Isi:
  • M. Khoirul Abshor (NIM. 3103008). Pengaruh Pendidikan Shalat Pada Masa Kanak-kanak Dalam Keluarga Terhadap Kedisiplinan Shalat Lima Waktu Siswa Kelas VIII di MTs Negeri Kendal. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2008. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah pendidikan shalat pada masa kanak-kanak dalam keluarga pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Kendal. (2) Bagaimanakah kedisiplinan shalat lima waktu siswa kelas VIII di MTs Negeri Kendal. (3) Adakah pengaruh antara pendidikan shalat pada masa kanak-kanak dalam keluarga terhadap kedisiplinan shalat lima waktu siswa kelas VIII di MTs Negeri Kendal. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pendidikan shalat pada masa kanak-kanak dalam keluarga pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Kendal. (2) Kedisiplinan shalat lima waktu siswa kelas VIII di MTs Negeri Kendal. (3) Pengaruh antara pendidikan shalat pada masa kanak-kanak dalam keluarga terhadap kedisiplinan shalat lima waktu siswa kelas VIII di MTs Negeri Kendal. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 38 siswa yang diambil 15 % dari seluruh populasi yaitu 254 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling (acak). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket untuk menggali data tentang pendidikan shalat pada masa kanak-kanak dalam keluarga (variabel X) dan kedisiplinan shalat lima waktu (variabel Y); metode dokumentasi untuk mengetahui data tentang jumlah guru, siswa dan pegawai/karyawan, kegiatan ekstrakurikuler, sejarah berdirinya MTs Negeri Kendal dan koleksi buku di perpustakaan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan regresi satu prediktor. Dari hasil perhitungan, hasilnya: (1) nilai mean (rata-rata) pendidikan shalat pada masa kanak-kanak dalam keluarga sebesar 61,55 dan nilai tersebut terdapat dalam interval 51-65 (baik), (2) nilai mean (rata-rata) kedisiplinan shalat lima waktu sebesar 60,08 dan nilai tersebut terdapat dalam interval 51-65 (tinggi), (3) hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kriterium Y dengan prediktor X yang ditunjukkan oleh nilai rxy = 0,5387 pada taraf signifikansi 5% = 0,320 dan 1% = 0,413, adapun R = 0,29019769 dan nilai Freg=14,71863967 pada taraf signifikansi 5% = 4,11 dan 1% = 7,35 dimana dbreg = 1, dbres = 38-2 = 36 dan persamaan garis regresinya yaitu Y=24,19604102+0,58300502X. Hal ini menunjukkan bahwa kedisiplinan shalat siswa dipengaruhi oleh pendidikan shalat pada masa kanak-kanak dalam keluarga, sehingga hipotesis yang penulis ajukan “terdapat pengaruh yang signifikan antara pendidikan shalat pada masa kanak-kanak dalam keluarga terhadap kedisiplinan shalat lima waktu siswa” dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi penelitian berikutnya.