Pengaruh pelaksanaan shalat berjama’ah terhadap perilaku sosial siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal

Main Author: Turmudzi, Turmudzi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11462/1/3102087_TURMUDZI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11462/
Daftar Isi:
  • Turmudzi (NIM. 3102087). Pengaruh Pelaksanaan Shalat Berjama’ah Terhadap Perilaku Sosial Siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2008. Adanya Sekolah yang memberikan peraturan pelaksanaan shalat berjama’ah terhadap siswanya dimungkinkan dapat membantu pembentukan perilaku sosial siswa dalam kehidupan sehari-hari yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) bagaimana Pelaksanaan shalat berjama’ah siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal , 2) bagaimana Perilaku social siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal, 3) bagaimana pengaruh Pelaksanaan shalat berjama’ah terhadap perilaku sosial siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik analisis regresi satu prediktor. Subyek penelitian sebanyak 50 responden, menggunakan dua tahap pengambilan sampel. Pertama, pra sampel yang dilakukan dengan cara memberikan angket yang berisi sejumlah pertanyaan yang mencakup Pelaksanaan Shalat berjama’ah dan perilaku sosial siswa kepada Sample siswa kelas X, XI, dan XII, yang berjumlah 50 responden dari 332 siswa. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1. Berdasarkan tabel distribusi pelaksanaan shalat berjamaah, dapat diketahui bahwa mean pelaksanaan shalat berjamaah siswa SMA Pondok Modern SELAMAT Kendal adalah sebesar 78,8 termasuk dalam kategori cukup, karena berada pada interval 70-79. 2. Sedangkan berdasarkan tabel distribusi perilaku sosial siswa, dapat diketahui bahwa mean perilaku sosial siswa SMA Pondok Modern SELAMAT Kendal adalah sebesar 79,6 termasuk dalam kategori Baik, karena berada pada interval 76-86. 3. Diketahui dari perhitungan statistik inferensial, dimana terdapat hubungan yang positif antara pelaksanaan shalat berjamaah (x) terhadap perilaku sosial (y) siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Karena hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y= . Persamaan tersebut diuji keberartiannya menggunakan uji F dan diperoleh Freg sebesar 8.537. Pada taraf signifikansi 5% dengan df (1,40) diperoleh Ftabel = 4,04 dan pada taraf signifikansi 1% dengan df (1,40) diperoleh Ftabel = 7,19. Karena Fhitung > Ftabel, yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Jadi hipotesis yang peneliti ajukan bahwa ada pengaruh positif antara Pelakanaan shalat berjama’ah terhadap perilaku sosial siswa SMA Pondok Modern Selamat Kendal dapat diterima. Artinya: bahwa semakin baik pelaksanaan shalat berjama’ah maka semakin tinggi pula perilaku sosial.