Implementasi pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak studi pada anak usia dini di Al Muna Islamic Preschool Semarang

Main Author: Sangadah, Naelis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
TK
SD)
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11443/1/3103175_fullpdf.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11443/
ctrlnum 11443
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11443/</relation><title>Implementasi pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak : studi pada anak usia dini di Al Muna Islamic Preschool Semarang</title><creator>Sangadah, Naelis</creator><subject>297.77 Islamic religious education</subject><subject>372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)</subject><description>Penelitian ini berusaha untuk mengetahui implementasi pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak di Al Muna Islamic Preschool Semarang. Teknik pengumpulan data di peroleh dengan menggunakan: 1). Observasi yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak di Al Muna Islamic Preschool Semarang. 2). Interview yaitu untuk mengetahui tentang berbagai informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak di Al Muna Islamic Preschool Semarang, serta mengetahui faktor-faktor pendorong dan penghambat diterapkannya pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak. 3). Dokumentasi yaitu untuk memperoleh data berhubungan dengan penerapan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak seperti rencana pembelajaran, jadwal pembelajaran, dokumen kegiatan dan lain-lain.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak di Al Muna Islamic Preschool Semarang terwujud dalam proses pembelajaran di sentra-sentra main yang di laksanakan dalam empat jenis pijakan yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main. &#xD; Pada prakteknya pengembangan kreativitas melalui pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) sudah hampir mendekati teori yang ada. Hal ini dibuktikan dengan adanya semangat anak-anak ketika mengikuti kegiatan di sentra-sentra main dan munculnya ide-ide baru yang terlihat ketika anak mengikuti kegiatan yang berlangsung. Sehingga anak bisa mengembangkan kemampuan yang mereka miliki. Dengan menghasilkan hasil karya sesuai dengan ide-ide baru yang muncul pada anak. Selain guru sebagai motivator dan fasilitator guru juga memberi dukungan kepada anak ketika mengikuti kegiatan. Sehingga anak merasa nyaman serta tidak takut melakukan kesalahan. Untuk evaluasi yang di lakukan bersifat individual yang mencakup aspek perkembangan pada anak usia dini. Yaitu mencakup aspek perkembangan moral dan agama, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan seni, perkembangan bahasa, perkembangan fisik motorik dan perkembangan tahapan. Dengan evaluasi yang di lakukan setiap hari membuat guru mudah mengikuti perkembangan yang terjadi pada anak.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini di harapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan bagi Mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.</description><date>2009-01-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11443/1/3103175_fullpdf.pdf</identifier><identifier> Sangadah, Naelis (2009) Implementasi pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak : studi pada anak usia dini di Al Muna Islamic Preschool Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang. </identifier><recordID>11443</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sangadah, Naelis
title Implementasi pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak : studi pada anak usia dini di Al Muna Islamic Preschool Semarang
title_sub studi pada anak usia dini di Al Muna Islamic Preschool Semarang
publishDate 2009
topic 297.77 Islamic religious education
372.2 Pendidikan dasar (Play gorup
TK
SD)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11443/1/3103175_fullpdf.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11443/
contents Penelitian ini berusaha untuk mengetahui implementasi pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak di Al Muna Islamic Preschool Semarang. Teknik pengumpulan data di peroleh dengan menggunakan: 1). Observasi yaitu untuk mengetahui proses pelaksanaan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak di Al Muna Islamic Preschool Semarang. 2). Interview yaitu untuk mengetahui tentang berbagai informasi yang berhubungan dengan pelaksanaan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak di Al Muna Islamic Preschool Semarang, serta mengetahui faktor-faktor pendorong dan penghambat diterapkannya pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak. 3). Dokumentasi yaitu untuk memperoleh data berhubungan dengan penerapan pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak seperti rencana pembelajaran, jadwal pembelajaran, dokumen kegiatan dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) dalam pengembangan kreativitas anak di Al Muna Islamic Preschool Semarang terwujud dalam proses pembelajaran di sentra-sentra main yang di laksanakan dalam empat jenis pijakan yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main, dan pijakan setelah main. Pada prakteknya pengembangan kreativitas melalui pendekatan beyond centers and circle time (BCCT) sudah hampir mendekati teori yang ada. Hal ini dibuktikan dengan adanya semangat anak-anak ketika mengikuti kegiatan di sentra-sentra main dan munculnya ide-ide baru yang terlihat ketika anak mengikuti kegiatan yang berlangsung. Sehingga anak bisa mengembangkan kemampuan yang mereka miliki. Dengan menghasilkan hasil karya sesuai dengan ide-ide baru yang muncul pada anak. Selain guru sebagai motivator dan fasilitator guru juga memberi dukungan kepada anak ketika mengikuti kegiatan. Sehingga anak merasa nyaman serta tidak takut melakukan kesalahan. Untuk evaluasi yang di lakukan bersifat individual yang mencakup aspek perkembangan pada anak usia dini. Yaitu mencakup aspek perkembangan moral dan agama, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan seni, perkembangan bahasa, perkembangan fisik motorik dan perkembangan tahapan. Dengan evaluasi yang di lakukan setiap hari membuat guru mudah mengikuti perkembangan yang terjadi pada anak. Berdasarkan hasil penelitian ini di harapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan bagi Mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan terutama di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.
id IOS2754.11443
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2020-07-03T07:41:55Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:45Z
recordtype dc
_version_ 1765821646248083456
score 17.538404