Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi semester 2 kelas XI MAN Kendal tahun pelajaran 2007/2008

Main Author: Jannah, Uzlifatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11382/1/3104049_Skripsi_Lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11382/
ctrlnum 11382
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11382/</relation><title>Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi semester 2 kelas XI MAN Kendal tahun pelajaran 2007/2008</title><creator>Jannah, Uzlifatul</creator><subject>371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran</subject><subject>373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)</subject><subject>512 Algebra and number theory</subject><description>Uzlifatul Jannah (NIM. 3104049). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Komposisi Fungsi Semester 2 Kelas XI MAN Kendal Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi: Program Strata I Jurusan Matematika IAIN Walisongo Semarang. 2004. &#xD; Matematika adalah suatu alat untuk mengembangkan cara berpikir logis dan sistematis. Dalam kegiatan pembelajaran matematika tugas utama seorang guru tidak hanya menyampaikan informasi kepada peserta didiknya, melainkan guru harus dapat memotivasi dan dapat menumbuhkan sikap kerjasama serta tanggung jawab terhadap keberhasilan sendiri dan keberhasilan orang lain. Suasana belajar yang menyenangkan harus selalu diterapkan pada pembelajaran matematika. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw didesain untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar matematika sehingga akan berimplikasi terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik. &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN Kendal semester 2 tahun pelajaran 2007/2008 yang terdiri dari 9 kelas. Dengan menggunakan Cluster Random Sampling diperoleh dua kelas sampel, yakni kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Sedangkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas uji coba. &#xD; Untuk mengetahui nilai hasil belajar peserta didik digunakan tes setelah pembelajaran selesai. Soal yang digunakan sebelumnya telah diujicobakan pada kelas XI IPA 2 sebagai kelas uji coba. Berdasarkan uji pra syarat, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai varian yang sama. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata, untuk rata-rata kelas eksperimen diperoleh 75,11 dengan Standar Deviasi (SD) = 10,83 dan rata-rata kelas kontrol diperoleh 64,04 dengan Standar Deviasi (SD) = 10,30 untuk selanjutnya diuji dengan menggunakan uji t, dengan kriteria penolakan Ho adalah thitung &gt; ttabel. Dari perhitungan diperoleh thitung = 5,05 dan ttabel = 1,66 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = n1 + n2 = 91. Jadi Ho ditolak dan H diterima, berarti rata-rata hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah tidak identik.&#xD; Maksudnya, adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tiga Jigsaw lebih efektif dilihat dari hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi semester 2 kelas XI MAN Kendal. Disarankan agar guru dapat mengembangkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika karena pembelajaran kooperatif ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika.</description><date>2009-01-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11382/1/3104049_Skripsi_Lengkap.pdf</identifier><identifier> Jannah, Uzlifatul (2009) Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi semester 2 kelas XI MAN Kendal tahun pelajaran 2007/2008. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>11382</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Jannah, Uzlifatul
title Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi semester 2 kelas XI MAN Kendal tahun pelajaran 2007/2008
publishDate 2009
topic 371.3 Metode
kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
373.2 Sekolah lanjutan (SMP
SMA)
512 Algebra and number theory
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11382/1/3104049_Skripsi_Lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11382/
contents Uzlifatul Jannah (NIM. 3104049). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Materi Pokok Komposisi Fungsi Semester 2 Kelas XI MAN Kendal Tahun Pelajaran 2007/2008. Skripsi: Program Strata I Jurusan Matematika IAIN Walisongo Semarang. 2004. Matematika adalah suatu alat untuk mengembangkan cara berpikir logis dan sistematis. Dalam kegiatan pembelajaran matematika tugas utama seorang guru tidak hanya menyampaikan informasi kepada peserta didiknya, melainkan guru harus dapat memotivasi dan dapat menumbuhkan sikap kerjasama serta tanggung jawab terhadap keberhasilan sendiri dan keberhasilan orang lain. Suasana belajar yang menyenangkan harus selalu diterapkan pada pembelajaran matematika. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw didesain untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam belajar matematika sehingga akan berimplikasi terhadap meningkatnya hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MAN Kendal semester 2 tahun pelajaran 2007/2008 yang terdiri dari 9 kelas. Dengan menggunakan Cluster Random Sampling diperoleh dua kelas sampel, yakni kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Sedangkan kelas XI IPA 2 sebagai kelas uji coba. Untuk mengetahui nilai hasil belajar peserta didik digunakan tes setelah pembelajaran selesai. Soal yang digunakan sebelumnya telah diujicobakan pada kelas XI IPA 2 sebagai kelas uji coba. Berdasarkan uji pra syarat, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan mempunyai varian yang sama. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata, untuk rata-rata kelas eksperimen diperoleh 75,11 dengan Standar Deviasi (SD) = 10,83 dan rata-rata kelas kontrol diperoleh 64,04 dengan Standar Deviasi (SD) = 10,30 untuk selanjutnya diuji dengan menggunakan uji t, dengan kriteria penolakan Ho adalah thitung > ttabel. Dari perhitungan diperoleh thitung = 5,05 dan ttabel = 1,66 dengan taraf signifikansi 5% dan dk = n1 + n2 = 91. Jadi Ho ditolak dan H diterima, berarti rata-rata hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah tidak identik. Maksudnya, adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tiga Jigsaw lebih efektif dilihat dari hasil belajar peserta didik materi pokok komposisi fungsi semester 2 kelas XI MAN Kendal. Disarankan agar guru dapat mengembangkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika karena pembelajaran kooperatif ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika.
id IOS2754.11382
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2020-07-03T07:41:53Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821645807681536
score 17.538404