Daftar Isi:
  • Di tengah ketatnya persaingan perusahaan asuransi syariah di Indonesia, PT. Prudential Life Assurance Kantor Agency Cabang Kudus 1 mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Pada tahun 2012, pertumbuhannya mencapai tiga kali lipat dibanding keadaan pada tahun sebelumnya, tahun 2011. Hal ini tidak dialami pada perusahaan asuransi syariah lainnya di kota Kudus. Judul penelitian ini adalah “Keunggulan Kompetitif Sistem Asuransi PRUsyariah dalam Perspektif Pemegang Polis (Studi Kasus pada PT. Prudential Life Assurance Kantor Agency Cabang kudus 1)”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimanakah Keunggulan Kompetitif Sistem Asuransi PRUsyariah dalam Perspektif Pemegang Polis pada PT. Prudential Life Assurance Kantor Agency Cabang kudus 1? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keunggulan kompetitif sistem asuransi PRUsyariah dilihat dari perspektif pemegang polis di PT. Prudential Life Assurance Kantor Agency Cabang Kudus 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan beberapa para pemegang polis asuransi PRUsyariah di PT. Prudential Life Assurance Kantor Agency Cabang Kudus 1 dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut pemegang polis diferensiasi produk dan diferensiasi citra merupakan keunggulan kompetitif dominan yang mempengaruhi mereka memilih produk asuransi PRUsyariah PT. Prudential Life Assurance Kantor Agency Cabang Kudus 1. Sedangkan diferensiasi servis dan diferensiasi personil hanya sebagai pendukung yang mempengaruhi minat pemegang polis. Keunggulan kompetitif diferensiasi produk yang dimiliki PT. Prudential Life Assurance Kantor Agency Cabang Kudus 1 menurut pemegang polis yaitu: karena pada produk asuransi syariahnya mempunyai kejelasan halal dengan tidak adanya unsur-unsur riba, gharar dan maisir yang dilarang agama seperti asuransi konvensional. Selain itu dibandingkan dengan sistem asuransi konvensional, terdapat perbedaan dan keunggulan lebih pada akadnya, kepemilikan dana dan operasionalisasi dana. Sedangkan keunggulan kompetitif dalam diferensiasi citra menurut pemegang polis yaitu: karena perusahaan memiliki citra sebagai pelopor Asuransi Unit Link berbasis syariah di daerah Kudus serta citra slogan “always listening always understanding”.