Studi komparasi hasil belajar biologi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran portofolio dan metode ceramah Di Ma Al-Asror Gunung Pati Semarang

Main Author: Solekah, Solekah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11338/1/3104015_Lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11338/
ctrlnum 11338
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11338/</relation><title>Studi komparasi hasil belajar biologi&#xD; antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran portofolio dan metode ceramah &#xD; Di Ma Al-Asror Gunung Pati Semarang</title><creator>Solekah, Solekah</creator><subject>373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)</subject><description>Solekah (NIM.3104015). Studi komparasi hasil belajar biologi antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran portofolio dan metode ceramah di Ma Al-Asror Gunung Pati Semarang. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Tadris Biologi IAIN Walisongo Semarang, 2009.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran portofolio pada pelajaran biologi pokok materi monera, protista, dan jamur (Fungi). 2) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode ceramah pada pelajaran biologi pokok materi monera, protista, dan jamur (Fungi). 3) Mengetahui ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran portofolio dan dengan metode ceramah pada pelajaran biologi pokok materi monera, protista, dan jamur (Fungi).&#xD; Penelitian ini menggunakan metode komparasional dengan teknik analisis uji t. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MA Al-Asror Gunung Pati Semarang yang berjumlah 159 dalam hal ini mengambil sampel sebanyak 25% dari populasi yaitu 39 siswa (kelas portofolio), 39 siswa (kelas ceramah). Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk melihat hasil pembelajaran kedua perlakuan, metode observasi untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan metode dokumentasi untuk mengetahui bagaimana hasil dokumen portofolio. &#xD; Data penelitian yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik dengan terlebih dahulu uji validitas instrumen. Selanjutnya dilakukan kategori variabel pertama yaitu penggunaan model pembelajaran portofolio berada dalam kategori baik karena bisa dilihat mean 76,13 ini terjadi peningkatan tinggi dari hasil awal pada pretest 64,87. Sedangkan pada kelas ceramah mean terjadi penurunan dari 64,77 pretest menjadi 63,28 saat postest. Pada perlakuan awal bahwa kedua sampel yaitu kelas portofolio dan kelas ceramah mempunyai keadaan homogen dengan hasil dengan uji bartlet hitung = 2,06&lt; harga tabel = 3,84 untuk signifikan 5% dan jelas kedua sampel tidak ada perbedaan dengan Ho Diterima. Setelah dilakukan perlakuan dengan model pembelajaran portofolio di kelas portofolio dan dengan ceramah di kelas ceramah, maka didapatkan mean kelas portofolio 76,13 dan kelas ceramah 63,28. Selanjutnya ini dilakukan uji t dengan membandingkan mean hasil kedua kelas maka didapat t hitung 4,624 dengan Ho Ditolak. Jadi dengan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kedua sampel berbeda yaitu pada model portofolio dinyatakan lebih mempengaruhi peningkatan hasil pembelajaran.&#xD; Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menambah referensi guru untuk selalu menambah variasi metode pembelajaran agar hasil pembelajaran lebih baik. Dalam hal ini model pembelajaran portofolio juga dapat digunakan sebagai tambahan model pembelajaran di kelas karena sudah terbukti bahwa model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Selanjutnya guru dapat meninggalkan metode yang konvensional.</description><date>2009-01-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><rights>cc_by_nc_nd</rights><identifier>https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11338/1/3104015_Lengkap.pdf</identifier><identifier> Solekah, Solekah (2009) Studi komparasi hasil belajar biologi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran portofolio dan metode ceramah Di Ma Al-Asror Gunung Pati Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo. </identifier><recordID>11338</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Solekah, Solekah
title Studi komparasi hasil belajar biologi antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran portofolio dan metode ceramah Di Ma Al-Asror Gunung Pati Semarang
publishDate 2009
topic 373.2 Sekolah lanjutan (SMP
SMA)
url https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11338/1/3104015_Lengkap.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11338/
contents Solekah (NIM.3104015). Studi komparasi hasil belajar biologi antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran portofolio dan metode ceramah di Ma Al-Asror Gunung Pati Semarang. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Tadris Biologi IAIN Walisongo Semarang, 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran portofolio pada pelajaran biologi pokok materi monera, protista, dan jamur (Fungi). 2) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode ceramah pada pelajaran biologi pokok materi monera, protista, dan jamur (Fungi). 3) Mengetahui ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran portofolio dan dengan metode ceramah pada pelajaran biologi pokok materi monera, protista, dan jamur (Fungi). Penelitian ini menggunakan metode komparasional dengan teknik analisis uji t. Subyek penelitian adalah siswa kelas X MA Al-Asror Gunung Pati Semarang yang berjumlah 159 dalam hal ini mengambil sampel sebanyak 25% dari populasi yaitu 39 siswa (kelas portofolio), 39 siswa (kelas ceramah). Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk melihat hasil pembelajaran kedua perlakuan, metode observasi untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dan metode dokumentasi untuk mengetahui bagaimana hasil dokumen portofolio. Data penelitian yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik dengan terlebih dahulu uji validitas instrumen. Selanjutnya dilakukan kategori variabel pertama yaitu penggunaan model pembelajaran portofolio berada dalam kategori baik karena bisa dilihat mean 76,13 ini terjadi peningkatan tinggi dari hasil awal pada pretest 64,87. Sedangkan pada kelas ceramah mean terjadi penurunan dari 64,77 pretest menjadi 63,28 saat postest. Pada perlakuan awal bahwa kedua sampel yaitu kelas portofolio dan kelas ceramah mempunyai keadaan homogen dengan hasil dengan uji bartlet hitung = 2,06< harga tabel = 3,84 untuk signifikan 5% dan jelas kedua sampel tidak ada perbedaan dengan Ho Diterima. Setelah dilakukan perlakuan dengan model pembelajaran portofolio di kelas portofolio dan dengan ceramah di kelas ceramah, maka didapatkan mean kelas portofolio 76,13 dan kelas ceramah 63,28. Selanjutnya ini dilakukan uji t dengan membandingkan mean hasil kedua kelas maka didapat t hitung 4,624 dengan Ho Ditolak. Jadi dengan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kedua sampel berbeda yaitu pada model portofolio dinyatakan lebih mempengaruhi peningkatan hasil pembelajaran. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menambah referensi guru untuk selalu menambah variasi metode pembelajaran agar hasil pembelajaran lebih baik. Dalam hal ini model pembelajaran portofolio juga dapat digunakan sebagai tambahan model pembelajaran di kelas karena sudah terbukti bahwa model pembelajaran portofolio dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Selanjutnya guru dapat meninggalkan metode yang konvensional.
id IOS2754.11338
institution Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 53
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Walisongo Semarang
library_id 93
collection Walisongo Repository
repository_id 2754
subject_area Systems, Value, Scientific Principles/Sistem-sistem dalam Agama, Nilai-nilai dalam Agama,
Islam/Agama Islam
Philosophy and Theory of Social Science/Filsafat dan Teori Ilmu-ilmu Sosial
city SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS2754
first_indexed 2020-07-03T07:41:53Z
last_indexed 2022-09-12T06:35:44Z
recordtype dc
_version_ 1765821645455360000
score 17.538404