Revitalisasi pendidikan sufistik dan aplikasinya dalam pendidikan di masyarakat: studi kasus pada Jama’ah Munajat Perum Pasadena Semarang
Main Author: | Kristiono, Yuli Sari Moelyo Soedi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11337/1/3102063_Skripsi_Lengkap.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11337/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Revitalisasi pendidikan sufistik dalam meningkatkan kecerdasan spiritual masyarakat di PERUM Pasadena Semarang; 2) Aplikasinya dalam pendidikan spiritual dimasyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didasarkan pada riset lapangan (field reseach). Artinya, mengumpulkan data yang diinginkan dan relevan dengan penelitian yang dikaji, kemudioan diolah dan dianalisis. Dari hasil penelitian yang dilakukan, proses belajar mengajar yang dilaksanakan menitik beratkan pada proses meningkatkan kecerdasan spiritual masyarakat atau jamaah. Dalam mengupayakan peningkatan kecerdasan spiritual jamaah, KH. Muhammad Tauhid melakukan inovasi dan mengaktualisasikan secara serimonial dan memberikan keterangan-keterangan hal-hal yang berkenaan dengan ajaran-ajaran tarekat Qadiriyah wa Naqsabandiyah, sehingga apa yang menjadi tujuan dapat direalisasikan sebagai upaya meningkatkan kecerdasan spiritual jamaah. Aspek-aspek terpenting yang dilakukan adalah aspek aqidah, prakrek keagamaan (ibadah), pengalaman keagamaan dan budi pekerti. Aspek-aspek tersebut diwujudkan dengan mujahadah, tawajuhan, dan ceramah keagamaan (pengajian tiap malam minggu dirumah beliau). Dari situ, semua unsur yang ada di masyarakat saling bekerjasama. Sehingga, perilaku keagamaan dan budi pekerti menjadi lebih baik dan meningkat yang diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi semua pihak khususnya yang concern dalam studi Islam (pendidikan masyarakat, psikologi dan tasawuf).