Pengaruh motivasi mengikuti Majlis Ta’lim Adzikron terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa SD Islam Darul Huda Genuk Semarang tahun pelajaran 2007-2008

Main Author: Nayekti, Nayekti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11328/1/3101037_Nayekti_Skripsi.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11328/
Daftar Isi:
  • Nayekti (3101037). Pengaruh Motivasi Mengikuti Majlis Ta’lim Adzikron Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas V SD Islam Darul Huda Genuk Semarang Tahun Pelajaran 2007-2008. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008. Penelitan ini bertujuan untuk 1) Bagaimanakah motivasi mengikuti Majlis Ta’lim siswa kelas V SD Islam Darul Huda tahun pelajaran 2007 – 2008. 2) Bagaimanakah prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas V SD Islam Darul Huda Genuk Semarang tahun 2007 – 2008. 3) Adakah pengaruh antara motivasi mengikuti Majlis Ta’lim terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas V SD Islam Darul Huda Genuk Semarang tahun pelajaran 2007-2008 Penelitian ini adalah penelitan kuantitatif dengan teknik analisis regresi. Subjek penelitian sebanyak 53 responden, menggunakan teknik random sampling cluster. Pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data motivasi mengikuti majlis ta’lim (X) dan dengan nilai akhir semester siswa untuk menajring data prestasi mata pelajaran PAI siswa (Y). Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi. Tentang motivasi mengikuti majlis ta'lim diperoleh nilai rata-rata 70,50 dengan kategori “cukup baik” yaitu pada interval 64-73, dan nilai rata-rata prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa adalah 75,61 dengan kategori “cukup baik” yaitu pada interval 67-78. Sedangkan pengaruh motivasi mengikuti majlis ta’lim terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa ditentukan dengan koefisien korelasi (r) = 0,995 pada taraf signifikansi α = 0,05 =0,266 dan pada taraf α = 0,01 = 0,345 dan dan Freg 166,986 pada taraf signifikansi F (0,05) (1,40) = 4,03 dan F (0,01) (1,40) = 7,19. Persamaan regresi Y = 0.42 + 1.073X merupakan persamaan regresi yang linier. Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menandai bahan informasi dan masukan bagi para civitas akademika, terutama mahasiswaTarbiyah sebagai calon guru untuk memberi dorongan kepada siswanya agar mempunyai motivasi mengikuti majlis ta’lim. Pengelola Majlis Ta’lim untuk lebih memperhatikan anak didiknya dalam proses belajar mengajar di sekolah. Karena keberhasilan anak didik dalam belajar di Majlis Ta’lim sangat berpengaruh pada aspek-aspek yang lain, seperti pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah.