Peran guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam meningkatkan kesadaran beribadah shalat siswa di SMP Negeri 31 Semarang
Main Author: | Alfiyah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11327/1/3101022_NUR_ALFIYAH.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11327/ |
Daftar Isi:
- Nur Alfiyah (NIM: 3101022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Shalat Siswa di SMP Negeri 31 Semarang. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). peran guru PAI dalam meningkatkan kesadaran shalat siswa. 2). kesadaran beribadah shalat siswa di SMP N 31 Semarang. Di sekolah tersebut digalakkan pembacaan asmaul husna setiap harinya sebelum memulai mata pelajaran. Guru agama sangat berperan dalam kegiatan tersebut. Yang menarik adalah, jika pembacaan asmaul husna berjalan dengan baik, lalu bagaimana dengan shalat yang merupakan ibadah mahdhoh, serta bagaimana pula peran guru PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah shalat siswa di SMP Negeri 31 Semarang. Melalui serangkaian penelitian dengan menggunakan metode observasi dan wawancara, penulis menemukan data-data di lapangan yang menunjukkan adanya peran guru pendidikan agama Islam yang cukup signifikan dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMP Negeri 31 Semarang. Hal ini terlihat dari para guru agama sendiri yang berperan mengembangkan wawasan pemahaman siswa tentang ibadah shalat. Mengingatkan para siswa untuk mengikuti shalat, terutama shalat dhuhur berjamaah yang memungkinkan untuk dilaksanakan di sekolah. Berpartisipasi menggerakkan siswanya untuk shalat berjamaah. Memberikan tauladan kepada siswanya dengan aktif juga mengikuti kegiatan shalat berjamaah baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Pembiasaan pelaksanaan ibadah shalat terhadap para siswa. Sedangkan mengenai kesadaran beribadah siswa terbagi tiga kelompok, yaitu siswa yang kesadaran beribadahnya baik, sedang dan, kurang. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, terutama yang berkaitan dengan peran guru PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah shalat siswa dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.