Strategi dan metode dakwah Ustadz Yusuf Mansur di media televisi

Main Author: Pratiwi, Bagas
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11299/1/1103041_BAGAS_PRATIWI.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11299/
Daftar Isi:
  • Pada era globalisasi saat ini, banyak format dakwah yang ditawarkan untuk memenuhi tuntutan dari kebutuhan masyarakat yang materialitis dan majemuk. Tentunya da’i dituntut untuk memahami kondisi sosial masyarakat dan perubahan yang terjadi di dalamnya, karena keberhasilan da’i masih sangat bergantung pada figur. Hal ini menjadi penting untuk menentukan metode, strategi dan media dakwah yang tepat guna. Dilihat dari subyek dakwahnya, ustadz Yusuf Mansur menggunakan media televisi untuk melancarkan beberapa metode dan strategi dalam menyampaikan dakwah Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dan metode dakwah yang digunakan ustadz Yusuf Mansur di media televisi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menyajikan data dengan cara menggambarkan senyata mungkin sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini bahwa strategi dakwah ustadz Yusuf Mansur di media televisi adalah dakwah dengan cara halaqoh atau kelembagaan, yang Ia kembangkan melalui lembaga dakwah Wisatahati dan Pondok Pesantren Daarul Qur’an. Sedangkan metode dakwah yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, debat (mujadalah) dan cerita yang dikemas dalam sinetron yang ditayangkan di televisi.