Penerapan Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih materi Shalat Id di Kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara
Daftar Isi:
- Tujuan yang menjadi kajian peneliti, yaitu 1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran edutainment pada pembelajaran fiqih materi shalat ‘id di kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar fiqih materi shalat ‘id di kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara setelah menerapakan pembelajaran edutainment Permasalahan tersebut di bahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian Menunjukkan 1) Penerapan pembelajaran edutainment pada pembelajaran fiqih materi shalat ‘id di kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara dilakukan dengan melakukan pembelajaran yang penuh dengan hiburan dalam arti bermain sambil belajar dengan dua bentuk metode yang digunakan yaitu pada siklus I menggunakan quantum learning dimana siswa lebih banyak diajak menyepakati permainan dan bertanggung jawab atas peraturan yang dibuat, terakhir pada siklus II menggunakan active learning dengan mencari kartu pasangan dimana siswa bertanggung jawab dari pilihan kartu yang telah dipilih, 2) Peningkatan hasil belajar fiqih materi shalat ‘id di kelas IV MI Muhammadiyah Sipedang Kecamatan Banjarmangu Kabupaten Banjarnegara setelah menerapakan pembelajaran edutainment yaitu pada pra siklus ada 11 siswa atau 42,3% , siklus I ada 18 siswa atau 69,2%, siklus II ada 24 siswa atau 92,4%. `Ini menunjukkan indikator yang telah ditetapkan yaitu 80% ke atas telah tercapai