Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP N 1 Sigaluh tahun ajaran 2019/2020

Main Author: Risqi M, Amalia Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11187/1/NIM1503016136.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11187/
Daftar Isi:
  • Aktivitas belajar merupakan kegiatan atau tindakan baik fisik maupun mental yang dilakukan oleh individu untuk membangun pengetahuan dan keterampilan dalam diri dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas belajar dapat terwujud apabila siswa terlibat belajar secara aktif. Aktivitas belajar akan menjadikan kegiatan pembelajaran yang efektif. Guru tidak hanya menyampaikan pengetahuan dan keterampilan saja. Namun, guru harus mampu membawa siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Aktivitas belajar sangat diperlukan oleh peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimum. Penelitian ini bertujuan mengukur besarnya Pengaruh Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara Tahun Ajaran 2019/2010.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru masih jauh dari yang diharapkan, sehingga aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sigaluh masih kurang bervariasi. Ada pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 1 Sigaluh Banjarnegara Tahun Ajaran 2019/2020 yaitu aktivitas belajar siswa 11,43% dipengaruhi oleh keterampilan mengajar guru dan sisanya 88,57% dipengaruhi oleh variabel lain.