Pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat kunjung mahasiswa di Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Main Author: Faiq, Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11170/1/NIM1503036111.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11170/
Daftar Isi:
  • Minat kunjung terhadap sesuatu adalah kecenderungan hati yang tinggi, gairah atau keinginan seseorang tersebut terhadap sesuatu yang membuat dirinya ingin melihat dan merasakan secara langsung atau mengunjungi sesuatu yang diminati. Dalam hal ini yaitu konteks minat kunjung mahasiswa ke perpustakaan, salah satu faktor yang mempengaruhi minat kunjung yaitu kualitas pelayanannya. Keberhasilan pelayanan yang diberikan, diharapkan mampu memeberikan pengaruh baik terhadap minat kunjung mahasiswa. Namun seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan perpustakaan perlu diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis apakah ada pengaruh dari kualitas pelayanan perpustakaan terhadap minat kunjung mahasiswa. Teknik pengumpulan data berupa angket, responden penelitian dipilih terhadap mahasiswa di Perpustakaan UNISNU Jepara yang berjumlah 263 responden. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap minat kunjung mahasiswa dan memberikan sumbangan sebesar 11,9% sisanya 88,1% kiranya perlu diperhatikan kualitas pelayanan yang kurang terpenuhi agar tingkat kunjung mahasiswa ke perpustakaan bertambah baik. Dalam upaya untuk meningkatkan minat kunjung mahasiswa, maka disarankan kepada pengelola lembaga khususnya kepala serta jajaran kepegawaian perpustakaan UNISNU Jepara untuk selalu memberikan layanan yang berkualitas dan memberikan semangat kepada pegawai perpustakaan misalnya mengikutsertakan atau memberikan pelatihan.