Pengaruh budaya sekolah dan lingkungan sosial peserta didik terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA di MAN 1 Tegal

Main Author: Alfiah, Siti Anisatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11169/1/NIM1503036107.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11169/
Daftar Isi:
  • Prestasi belajar merupakan hasil keahlian dari karya akademis yang dinilai oleh guru - guru, lewat tes - tes yang dibakukan atau lewat kombinasi kedua hal tersebut.salah satu faktor yang mempengaruhi adalah budaya sekolah dan lingkungan sosial peserta didik. Keberhasilan prestasi belajar siswa yang ada, diharapka budaya sekolah dan lingkungan sosial sebagai pengaruh. Namun seberapa besar pengaruh budaya sekolah dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar siswa masing - masing perlu diteliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskritif. Teknik pengumpulan data berupa angket. Responen penelitian berjumlah 65 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh signifikan anatara budaya sekolah terhadap prestasi belajar siswa dan memberikan sumbangan sebesar 21,3%. Terdapat pengaruh signifikan antara lingkungan sosial peserta didik terhadap prestasi belajar siswa dan memberikan sumbangan sebesar 31, 7%. Terdapat pengaruh signifikan anatra budaya sekolah dan lingkungan sosial peserta didik secara bersama - sama terhadap prestasi belajar siswa dan memberikan sumbangan sebesar 28,7%, kiranya perlu diperhatikan budaya sekolah dan lingkungan peserta didik di MAN 1 Tegal agar siswa dapat berinteraksi dengan baik dan prestasi belajarpun dapat meningkat. Dalam upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, maka disarankan kepada kepala sekolah untuk menciptakan budaya sekolah dan lingkungan sosial yang positif serta tidak adanya batasan anatar siswa dengan sisiwa atau siswa dengan guru.