Pengaruh kualitas fasilitas dan layanan perpustakaan terhadap minat baca siswa di MA NU Nurul Huda Mangkang

Main Author: Fitriani, Fitriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11167/1/NIM1503036101.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11167/
Daftar Isi:
  • Minat baca siswa merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas mutu perpustakaan. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kualitas fasilitas dan layanan perpustakaan. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Apakah kualitas fasilitas berpengaruh terhadap minat baca siswa? 2. Apakah kualitas layanan perpustakaan berpengaruh terhadap minat baca siswa? 3. Apakah kualitas fasilitas dan layanan perpustakaan terhadap minat baca siswa di MA NU Nurul Huda Mangkang? Penelitian ini menggunakan Jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data statistik. Dalam penelitian ini populasi sebanyak 428 siswa dan jumlah sampel 189 siswa. Untuk menentukan jumlah sampel temuan ini menggunakan rumus Issac dan Michael. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas fasilitas terhadap minat baca siswa dan memberikan sumbangan sebesar 26% sisanya 74%. Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan perpustakaan terhadap minat baca siswa dan memberikan sumbangan sebesar 30% sisanya 70%. Sedangkan kualitas fasilitas dan layanan perpustakaan terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap minat baca siswa dan memberikan sumbangan sebesar 34,1% sisanya 65,9%. Dalam upaya untuk meningkatkan minat baca siswa, maka disarankan petugas perpustakaan untuk selalu memberikan fasilitas dan layanan perpustakaan yang terbaik menyediakan koleksi buku yang lebih lengkap, kenyamanan ruangan, jauh dari kebisingan dan layanan yang ramah serta melakukan layanan sirkulasi menggunakan komputerisasi kepada siswa agar siswa selalu tertarik dan semangat mengunjungi perpustakaan untuk membaca sehingga intensitas berkunjung siswa ke perpustakaan dan minat baca siswa meningkat.