Strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan perilaku akhlaqul karimah siswa di MI Taufiqiyah Tembalang Semarang
Main Author: | Zulfiya, Nia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11166/1/NIM1503036085.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11166/ |
Daftar Isi:
- Untuk mengelola lembaga pendidikan yang mendukung dalam mewujudkan akhlaqul karimah, maka dibutuhkan strategi profesional yang dikelola oleh tenaga-tenaga yang berkompeten dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan perilaku akhlaqul karimah siswa di madrasah agar menjadi madrasah yang berkualitas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis langkah strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan perilaku akhlaqul karimah siswa, serta mendiskripsikan dan menganalisis dampak kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan perilaku akhlaqul karimah siswa di MI Taufiqiyah Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah strategi kepala madrasah dalam meningkatkan perilaku akhlaqul karimah siswa di MI Taufiqiyah Semarang adalah dilihat dari objek yang dituju antara lain melalui guru (memberikan keteladanan, penerapan reward dan punishment, membangun kerjasama), masyarakat (pelibatan masyarakat dalam pengembangan akhlak siswa), dan madrasah (pengembangan budaya madrasah, pembiasaan keagamaan dan budi pekerti dan lainnya). Dampak keberhasilan strategi kepemimpinan kepala madrasah adalah berdampak terhadap perilaku kebiasaan beribadah, maupun terhadap perilaku kebiasaan-kebiasaan baik pada guru, siswa dan karyawan di MI Taufiqiyah Semarang. Hasil penelitian memberikan saran bahwa dalam rangka meningkatkan akhlak siswa, diperlukan pengembangan program kegiatan keagamaan yang mempunyai relevansi dengan pembinaan akhlak siswa