Pengaruh strategi pemasaran produk, lokasi, dan sarana prasarana terhadap minat orang tua di MIN 2 Kendal
Main Author: | Mulyani, Nanik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11161/1/NIM1503036024.pdf https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11161/ |
Daftar Isi:
- Di era modern ini persaingan antar lembaga pendidikan sangatlah ketat untuk menarik minat orang tua dalam memilih lembaga pendidikan yang diharapkan, setiap lembaga pendidikan memiliki strategi pemasaran yang beragam. Adapun rumusan masalah penelitian ini 1) apakah terdapat pengaruh strategi pemasaran produk terhadap minat orang tua di MIN 2 Kendal? 2) apakah terdapat pengaruh strategi pemasaran lokasi terhadap minat orang tua di MIN 2 Kendal? 3) apakah terdapat pengaruh strategi pemasaran sarana prasarana terhadap minat orang tua di MIN 2 Kendal? 4) apakah strategi pemasaran produk, lokasi, dan sarana prasarana secara bersama-sama terhadap minat orang tua di MIN 2 Kendal? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Responden penelitian berjumlah 87 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara produk pendidikan terhadap minat yaitu 53,999 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara lokasi pendidikan terhadap minat yaitu 840,039. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana prasarana terhadap minat yaitu 266,30. 4) terdapat pengaruh yang signifikan antara produk, lokasi dan sarana prasarana terhadap minat yaitu 376,167. Adapun saran dari penelitian ini untuk pihak MIN 2 Kendal yaitu 1) produk pendidikan hendaknya ditingkatkan dengan menawarkan program kegiatan yang lebih inovatif 2) kondisi lingkungan, kebersihan, dan kenyamanan madrasah hendaknya harus lebih diperhatikan 3) sarana prasarana yang sudah ada hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.