Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesional guru agama Islam di MTs Kabupaten Tegal

Main Author: Islamiyati, Izzahtul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11159/1/NIM1503036005.pdf
https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11159/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas pelaksanaan supervisi akademik pengawas dalam meningkatkan kompetensi profesional guru mapel Agama Islam di MTs Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan dan menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dari pelaksanaan supervisi akademik pengawas. 2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor penghambat proses pelaksanaan supervisi akademik Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan metode wawacara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pelaksanaan supervisi akademik pengawas, jika dilihat dari aspek perencanaan sudah termasuk baik, karena sebelum melakukan kegiatan supervisi, pengawas terlebih dahulu membuat perencanaan seperti RPA, PROTA, PROMES, dan lain-lain. Pelaksanaan supervisi akademik pengawas dilaksanakan 2 kali kunjungan, yaitu pada awal tahun pelajaran baru dan akhir tahun pelajaran. Hampir secara keseluruhan program di RPA sudah terealisasi dilapangan. Evaluasi dan tindak lanjut program supervisi akademik dilakukan setelah observasi pembelajaran dikelas ataupun melalui rapat, kegiatan MGMP, kegiatan diklat, pelatihan, ataupun workshop untuk guru yang masih dirasa kurang. Hambatan yang dialami pengawas dalam pelaksanaan supervisi adalah banyaknya guru dan sekolah yang harus dibina, dan kurangnya intensitas supervisi akademik terhadap guru, serta ada beberapa guru yang mengajar tidak sesuai dengan RPP yang dibuat.